Menyembunyikan Amal Shalih



Oleh Brilly El-Rasheed, S.Pd.


Generasi salaf menganjurkan untuk senantiasa merahasiakan amal shalih dalam rangka menjaga keikhlashan, selama tidak menimbulkan fitnah dan kemerosotan ghirah untuk beribadah semisal berinfaq atau berwaqaf. Generasi salaf berjuang keras merahasiakan amal shalih, takut tidak ikhlash jika diketahui orang saat sedang beramal shalih, bukan ingin memadamkan syi’ar Islam.
Ayyub As-Sakhtiyani dan ‘Amr bin Qais contohnya, tatkala menangis karena Allah, keduanya beralasan tangisannya itu adalah gejala influenza. Ibrahim bin Zaid dan Ar-Rabi’ bin Khutsaim misalnya, mereka segera menutup mush-haf Al-Qur`an yang mereka baca, ketika ada orang yang datang.
Lebih menakjubkan lagi, ‘Abdur Rahman bin Abu Laila dengan cepat mengambil posisi tidur di kasurnya kalau ada orang yang hendak menemuinya sementara ia sedang shalat. Muhammad bin Wasi’ selama dalam perjalanan dari Makkah ke Bashrah, ia habiskan malam yang panjang dengan shalat di atas kendaraan dalam posisi duduk dan menggunakan kepalanya untuk berisyarat gerakan shalatnya, hingga tidak diketahui orang lain.
  Generasi salaf mengajak untuk menyembunyikan kebaikan lebih rapat daripada menyembunyikan keburukan diri. Ibrahim An-Nakha’i menyebutkan faedah menyembunyikan amal shalih, “Andaikata seseorang menyembunyikan ibadahnya seperti ia menyembunyikan kejahatannya, niscaya Allah akan menampakkan ibadahnya (kepada orang lain).” 
Sebaliknya kalau seseorang beramal agar diketahui orang lain, maka yang diketahui orang lain malah keburukannya. Rasulullah berkata, “Barangsiapa memperdengarkan (kebaikannya), Allah akan memperdengarkan (keburukannya kepada orang lain). Barangsiapa memperlihatkan (kebaikannya), Allah akan memperlihatkan (keburukannya kepada orang lain).” [Shahih Al-Bukhari no. 6499; Shahih Muslim no. 2986] Menampakkan amal shalih tidak selamanya dilarang, sepanjang ikhlash masih terjaga dan untuk tujuan mengagungkan atau menyemarakkan syi’ar Islam.



Related

Ibadah 2554747392354814285

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item