Lembut Kepada Mu`minin, Keras Kepada Kafirin



Pertama, Lembut Kepada Mu`min
Karakter ini adalah prinsip al-wala` dalam Islam. Kekasih Allah bukan orang yang menghamburkan kelemah lembutan dan kasih sayang. Kekasih Allah hanya berbagi cinta kepada orang yang beriman. Pelit menyayangi selain orang beriman bukan hal yang buruk. Malah itu menunjukkan kesempurnaan intelektualnya. Adzillah berarti merendahkan diri. Merendahkan diri mengantarkan seseorang bersikap lemah lembut. Mustahil lemah lembut bila kesombongan masih bercokol dalam qalbu. (Simak artikel menarik di http://cafeilmubrilly.blogspot.com) Nash-nash yang memerintahkan untuk berkarakter lembut sebenarnya penerapannya adalah kepada orang-orang Islam. Adapun kepada orang-orang nonmuslim, maka itu tidak seperti kelembutan yang diberikan kepada orang-orang Islam, melainkan kelembutan dalam rangka melembutkan qalbu mereka sehingga mereka mau masuk Islam.
Termasuk lembut kepada orang-orang mu`min adalah tidak membalas kejahatan yang mereka lakukan dengan kejahatan melainkan dengan kebaikan.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ لِي قَرَابَةً أَصِلُهُمْ وَيَقْطَعُونِي وَأُحْسِنُ إِلَيْهِمْ وَيُسِيئُونَ إِلَيَّ وَأَحْلُمُ عَنْهُمْ وَيَجْهَلُونَ عَلَيَّ فَقَالَ لَئِنْ كُنْتَ كَمَا قُلْتَ فَكَأَنَّمَا تُسِفُّهُمْ الْمَلَّ وَلَا يَزَالُ مَعَكَ مِنْ اللَّهِ ظَهِيرٌ عَلَيْهِمْ مَا دُمْتَ عَلَى ذَلِكَ.
Dari Abu Hurairah, bahwasanya seorang laki-laki pernah berkata, “Ya Rasulullah, saya mempunyai kerabat. Saya selalu berupaya untuk menyambung silaturahim kepada mereka, tetapi mereka memutuskannya. Saya selalu berupaya untuk berbuat baik kepada mereka, tetapi mereka menyakiti saya. Saya selalu berupaya untuk lemah lembut terhadap mereka, tetapi mereka tak acuh kepada saya.” Lalu Rasulullah bersabda, “Jika kamu memang benar berada pada posisi apa yang kamu ucapkan tadi, maka sebenarnya mereka itu seperti orang yang kehausan, kemudian kamu tuangkan minuman ke mulut mereka dengan tiada hentinya. Dan selama kamu berbuat seperti itu kepada mereka, maka pertolongan Allah pasti akan bersamamu.” [Shahih Muslim]

Kedua, Keras Kepada Kafir
Karakter ini adalah prinsip al-bara` dalam Islam. Sikap keraslah yang dikedepankan. Sebab prasangka awal kepada kaum kafir adalah mereka senantiasa memendam kebencian dan makar kepada Islam dan kaum mu`min. Allah telah banyak membongkar kedok dan konspirasi kaum kafir. Akal yang sehat pun tidak rela merendahkan diri di hadapan kaum yang mengingkari Allah.
Keras terhadap orang kafir bukanlah hal yang buruk. Biarlah para munafiqin mencela sikap keras kepada orang kafir, karena itu menunjukkan kedangkalan intelektual mereka. Jadikan musuh sebagai lawan, bukan kawan, kalau tidak, mereka akan masuk ke dalam selimut. Kecuali jika kaum kafir berniat tulus untuk belajar Islam, maka kita temani mereka menyelami ayat-ayat Allah hingga mereka masuk ke dalam Islam.
Allah telah memuji kedua karakter ini dalam ayat yang lain,
مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاء عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاء بَيْنَهُمْ
Muhammad itu adalah utusan Allah, orang-orang yang bersama dengannya adalah keras terhadap orang-orang kafir tetapi bersikap kasih sayang sesama mereka.” [Al-Qur`an surah Al-Fat-h (48) ayat no. 29]
Memadukan kedua karakter ini telah menjadikan para shahabat Rasulullah menuai berbagai pujian dan kehormatan dari Allah ‘Azza wa Jalla. Terkadang memang susah, terlalu lama hati bersikap kasar kepada orang kafir membuat sikap kasar itu sedikit terbawa ketika berinteraksi dengan orang beriman. Namun hal itu mudah bagi orang yang telah dicintai Allah.

:: Selengkapnya di majalah Lentera Qolbu edisi 7 vol. 2 (Feb-Mar 2012)

Related

Akhlaq 1648545525099048892

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item