Meminta-minta yang Dilarang


Dari Qobishoh, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,Wahai Qobishoh, sesungguhnya meminta-minta itu tidak halal kecuali untuk tiga orang: (1) seseorang yang menanggung hutang orang lain, ia boleh meminta-minta sampai ia melunasinya, (2) seseorang yang ditimpa musibah yang menghabiskan hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup, dan (3) seseorang yang ditimpa kesengsaraan hidup sehingga ada tiga orang yang berakal dari kaumnya berkata, 'Si fulan benar-benar telah tertimpa kesengsaraan', maka boleh baginya meminta-minta sampai mendapatkan sandaran hidup. Meminta-minta selain ketiga hal itu, wahai Qobishoh, adalah haram dan orang yang memakannya berarti memakan harta yang haram.” [HR. Muslim no. 1044] (Ngaji bisnis juga ya di http://sby-corporation.blogspot.com)
Yang dilarang adalah ketika mendapatkan kesulitan atau faaqat pikiran kita langsung tertuju pada meminta bantuan manusia. Yang seharusnya adalah ketika pertama kali kesulitan menimpa, kita langsung teringat Allah Ta’ala dan langsung meminta bantuan kepadanya. Jadi ketergantungan kepada bantuan manusia lah yang tidak diperkenankan. Tentu kita sangat ingat dengan surah Al-Ikhlash yang memerintahkan kepada kita untuk hanya bergantung kepada Allah saja. Jadi ini masalah qalbu, bukan masalah zhahir semata.
Kalaupun kita ditaqdirkan Allah Ta’ala wafat sebelum kesulitan yang kita terima tersebut hilang atau terselesaikan, maka itu adalah nikmat dari Allah Ta’ala. Bukankah lebih enak kalau kita wafat, dengan begitu kita tidak perlu lagi pusing memikirkan penyelesaian kesulitan kita? Bukankah dengan kematian, kita akan bisa rehat dari hiruk-pikuk permasalahan dunia? Bukankah ada pewaris kita dan juga orang lain yang akan menanggung kesulitan-kesulitan kita jika kita sudah wafat? Jadi tak perlu takut mati, bahkan kematian adalah dambaan orang-orang yang masih hidup ketika qiyamah sudah dekat.



__________
Segera beli karya-karya Ustadz Brilly El-Rasheed: (1) GOLDEN MANNERS oleh penerbit Samudera yang mengupas 55 akhlaq mulia, dengan harga Rp 60.000,-; (2) MENDEKAT KEPADA ALLAH oleh penerbit Arafah yang mengupas tutorial mendekatkan diri kita kepada Allah Ta’ala dengan cepat dan tepat, dengan harga Rp 38.000,-; (3) KUTUNGGU DI TELAGA oleh penerbit Arafah yang mengupas siapa saja orang-orang yang terusir dari telaga Rasulullah, dengan harga Rp 40.000,-; (4) QUANTUM IMAN oleh Pustaka Yassir yang mengupas hal-hal yang bisa meningkatkan iman secara drastis dan langgeng, dengan harga Rp 62.000,-; (5) BENTENG UMAT ISLAM oleh Pustaka Yassir yang mengupas perkara-perkara yang menghancurkan umat Islam dan apa saja yang bisa menjadi perlindungan, dengan harga Rp 35.000,-. Hubungi kontak whatsapp +6282140888638 atau pin BBM 5259017E, dan dapatkan diskon hingga 25 %.


Related

Tazkiyatun Nafs 3689312443874728991

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item