Kajian Tarawih Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Fiqih Puasa Ramadhan

🌕 *KAJIAN TARAWIH FIQIH PUASA* 🌕

#masjidalakbarsurabaya

🎥 Oleh *Prof. Dr. KH. Ahmad Zahro*

_Sabtu 27 Mei 2017_

🌏 Kita bersyukur atas semaraknya pelaksanaan shalat tarawih di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya ini, _semoga tidak hanya 🌕 Ramadhan saja_.

🎙 _Ramadhana hadzihis sanata_ itu yang betul, yang artinya puasa Ramadhan pada tahun ini. Atau _Ramadhani hadzihis sanati_ itu artinya puasa Ramadhannya tahun ini. Itu soal niat puasa dan sesungguhnya niat puasa tidak harus diucapkan 🎉.

🚰 Hukumnya *makruh* menggunakan pasta gigi dan parfum mulut pada saat berpuasa apalagi jika tertelan maka batal. Karena itu *lakukan sehabis 🍱 sahur* sebelum shubuh. Saat puasa pasti mulut bau. Ingin tidak 🙊 bau mulut, jangan gunakan parfum mulut saat puasa, dan kalau _ngobrol jangan dekat-dekat_ dengan lawan bicara.

🛀 Berkumur saat wudhu boleh untuk orang yang berpuasa. Bahkan Nabi istinsyaq dan berkumur secukupnya. Tapi menurut Imam Syafi'i hal tersebut makruh jika sehabis terbit fajar namun pendapat beliau tidak memiliki dalil yang kuat kecuali hadits _lakhulufu fam ash-sha'im_ dst.

☕ Masuknya benda secara sengaja ke rongga di tubuh yang tembus ke lambung itu ❌ membatalkan puasa.

💦 Bagi penderita asma tidak apa-apa menyemprotkan obat ke rongga mulut sekedarnya saja untuk membantu pernapasan asal tidak ada cairan yang masuk ke tenggorokan. Jika ada yang masuk maka batal.

🌡 Transfusi darah, hemodialisis, dan infus itu membatalkan puasa. Maka tidak apa-apa tidak puasa tapi harus membayar fidyah jika tidak mungkin berpuasa atau qadha jika mungkin berpuasa.

📝 Diringkas oleh *H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.*

➖➖➖➖➖➖➖
📱 Bergabunglah di grup whatsapp Islamia di *082140888638*.

📠 Ikuti channel telegram @manajemenqalbu

💻 Kunjungi *quantumfiqih.blogspot.com* buat ngaji lebih banyak.

🚛 Join bisnis dan pelatihan makanan ringan krupuk kedelai, nugget sayur ikan 🌊 laut, bakso 🐟 ikan, dan lain-lain di *sbycorporation.wordpress.com*

🎧 Mentor Al-Quran dan belajar Islam untuk Surabaya Selatan Whatsapp *085536587822*.

Related

Faidah 1076068404028961711

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item