Kajian Tarawih Membangun Masyarakat Dengan Taqwa

🌏 *MEMBANGUN MASYARAKAT TAQWA* 🌏

🎙 Oleh Prof. Dr. KH. Ali Maschan Moesa

@masjidalakbarsurabaya

_Shubuh, 6 Juni 2017_

🕋 Taqwa itu *menjaga diri kita* agar selalu menjalankan semua yang diperintahkan Allah dan menjauhi semua yang dilarang Allah.
Berdasarkan makna katanya,
وقى يقي وقاية
Dan
امتثال اوامره واجتناب نواهه

🏘 Membangun masyarakat berarti membangun keluarga.
قوا انفسكم و اهليكم نارا
بروا آباءكم تبروا ابناءكم
كل مولود يولد على الفطرة

❤ Islam memandang setiap manusia itu terlahir baik dan bisa menjadi buruk akibat perbuatannya. Kebalikan *pendapat ilmuwan Barat pada dasarnya manusia itu jelek* dan bisa menjadi baik dengan faktor lain spesifiknya yaitu meyakini Yesus disalib. Sebab keyakinan ini pengaruh besar ideologi mereka bahwa setiap bayi itu terlahir membawa dosa warisan.

💎 Kemuliaan itu dengan taqwa. Keluarga sangat penting dalam Islam. Begitu nikah, Allah menjamin kekayaan.
ان يكونوا فقراء يغنهم الله
ان sama dengan لو
لو untuk yang impossible
ان untuk yang possible

🗺 Kalau kita mengerti tafsir dan syarahnya tidak apa-apa menjadi mujtahid. Kalau tidak mampu ya jadilah muqallid. Al-Imam Al-Ghazali saja ikut Al-Imam Asy-Syafii padahal beliau sudah khatam Ad-Durr Al-Mantsur.

🌴 Pidato terakhir Nabi _"Saya tidak tahu apakah setelah tahun ini saya masih hidup atau tidak."_ Pesan Nabi ada 3⃣ intinya yaitu jaga aqidah, jaga keluarga, dan berbuat baik dengan tetanggamu.

👑 Sekarang banyak yang menyebut selain Islam pasti kafir. Itu salah. Atheis itu kafir. Kafir itu hanya yang mengingkari Allah. Ahli Kitab itu Yahudi dan Nashrani. Yahudi dan Nashrani itu bukan agama tapi keturunan. Majusi itu ikut zabur awalnya lalu ditahrif jadi majusi tergolong ahli kitab. Musyrik itu masih bertuhan Allah tapi Allah diduakan. Ada munafiq. Itu semua di luar Islam, itu semua nonmuslim. Ini pernah saya jelaskan di koran Jawa Pos.

🕯 Secara morfologi, kata *Islam itu lebih pas dimaknai menyelamatkan* bukan hanya selamat. Ini pendapat saya. Saya berbeda dengan kitab-kitab. Sebagaimana katarahmatan itu maknanya memberi kasih sayang.
أسلم يسلم إسلاما

📝 Diringkas oleh *H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.*

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
_Catatan_
📒 Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Prof. Ali, secara pribadi saya tidak setuju dengan pemaknaan kafir hanya sebatas atheis. Namun saya hanyalah anak kecil yang belum baligh yang baru ngaji alif ba' ta' kemarin sore.

🕹 Di sini saya hanya mencatat apa yang disampaikan penceramah. Tidak ada tambahan dari saya. Tanggung jawab konten ceramah ada pada penceramah.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📬 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via whatsapp *082140888638* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

📱 Bergabunglah di grup whatsapp Islamia di https://chat.whatsapp.com/0avUwW6wSQ4AUYy5SSXssD

💻 Kunjungi *quantumfiqih.blogspot.com* buat ngaji lebih banyak.

🚛 Join bisnis dan pelatihan makanan ringan krupuk kedelai, nugget sayur ikan 🌊 laut, bakso 🐟 ikan, dan lain-lain di *sbycorporation.wordpress.com*

🖨 Desain dan cetak majalah, buku, kitab & leaflet klik *desainmajalahislami.blogspot.com*

🕌 Ingin berdonasi komputer bekas dan dana tunai salurkan melalui *komunitasmushalla.blogspot.com*

Related

Faidah 2879583104745176565

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item