Kajian Masjid Nabawi 30 September 2016

Syarh 'Umdah Al-Ahkam kitab Thaharah bab Wudhu Prof. Dr. Ahmad Al-'Amri ba'da maghrib 30 September 2016 di bawah kubah yang terbuka 1/4 di sayap kanan masjid Nabawi. 

Kalimat ila al marafiq dan ila al ka'bain bermakna bersama (ma'a) sebagaimana kalimat ila al lail dalam ayat puasa.

Mengangkat pandangan ke langit saat membaca syahadatain usai wudhu tidak shahih riwayatnya tapi bacaan syahadatain shahih dari jalan 'Umar bin Al-Khaththab. Mencuci tangan sebelum wudhu bukan kewajiban dalam wudhu. 

Tidak urut dalam memwudhui anggota tubuh memang tidak apa-apa tapi seluruh shahabat yang menyebutkan cara wudhu Nabi seperti Utsman dan Ali tidak pernah menyebutkan Nabi tidak urut sebagaimana perintah ayat wudhu. 

Orang yang puasa boleh madhmadhah dan istinsyaq asal tidak berlebihan agar tidak masuk air ke halq (tenggorokan). Makruh lebih dari tiga kali dalam membasuh dan berlebihan dalam menggunakan air karena termasuk ghuluw.

Seseorang bisa saja bermaksiat meskipun sedang berbuat taat seperti berbuat israf dalam wudhu. Disunnahkan bersiwak saat wudhu yaitu saat membersihkan mulut dengan madhmadhah, dan saat bangun tidur serta sebelum shalat. Anas menyebutkan Nabi bersiwak saat berpuasa. Maka diperbolehkan siwak sebelum dan setelah zawal.

Adapun Allah mencintai bau mulut orang yang berpuasa tidak mengharuskan untuk meninggalkan membersihkan mulut saat puasa. Nabi memerintahkan mengusap khuffain saat safar selama tiga hari tiga malam baik karena ghaith (kencing, kentut, berak) dan tidur kecuali janabah. 

Mengusap khuffain untuk muqim adalah sehari semalam dan tidak boleh lebih, sementara musafir tiga hari tiga malam dan tidak boleh lebih. Dihitung sejak mengusap bukan sejak memakai khuffain. 

📝 Diringkas oleh *H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📬 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via whatsapp *082140888638* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

📱 Bergabunglah di grup whatsapp Islamia dengan mendaftarkan nama dan kota asal ke whatsapp *085536587822*

💻 Kunjungi *quantumfiqih.blogspot.com* buat ngaji lebih banyak.

🚛 Join bisnis dan pelatihan makanan ringan krupuk kedelai, nugget sayur ikan 🌊 laut, bakso 🐟 ikan, dan lain-lain di *sbycorporation.wordpress.com*

🖨 Desain dan cetak majalah, buku, kitab & leaflet klik *desainmajalahislami.blogspot.com*

🕌 Ingin berdonasi komputer bekas dan dana tunai salurkan melalui *komunitasmushalla.blogspot.com*

🕋 Umrah dan haji plus dengan pelayanan ekslusif-luxurious-prestisius bersama *Shafira Tour & Travel* (PT. BPW shafira Lintas Semesta) yang sudah memberangkatkan ribuan jamaah haji plus dan puluhan ribu jamaah umrah hubungi *whatsapp 085536587822*

Related

Faidah 2295065742777572574

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item