Adab dalam Memelihara Jenggot Sesuai Sunnah | Konsultasi Syariah dan Fiqih (KASYAF) | Bahtsul Masail Tarjih Fatwa

Konsultasi Syariah dan Fiqih (KASYAF) No.
366 - Adab dalam Memelihara Jenggot Sesuai Sunnah
_Pertanyaan_
Assalammualaikum ustadz. Mau nanya , cara memelihara jenggot sesuai sunnah Rasulullah Saw bagaimana ya pak ustadz๐๐
Ditanyakan oleh Saudara *Karna Wijaya* (+62 856-9138-6952) dari Bekasi pada _26 Agustus 2020_
_Jawaban_
Wa'alaikumussalam,
Ulama Ahnaf (Madzhab Abu Hanifah) dan Hanabilah (Madzhab Ahmad bin Hanbali), sepakat wajib memelihara jenggot bagi laki-laki dan haram mencukurnya. Sementara ulama Madzhab Maliki dan Syafi'i tidak satu suara, ada yang memilih hukum wajib ada yang memilih hukum sunnah (anjuran/tidak wajib). Oleh karena dipilih status sunnah, maka diyakini hukum makruh mencukur jenggot.
Kemakruhan mencukur jenggot, di antaranya dinyatakan oleh Al-Ghazali, An-Nawawi, Ar-Rafiโi, Zakariya Al-Anshari, Ibnu Hajar Al-Haitamy, Ar-Ramli, Al-Khatib Asy-Syarbini, dan lainnya. Sedangkan keharaman mencukur jenggot, dinyatakan oleh As-Syafiโi, Ibnu Ar-Rifaโah, Al-Hulaimi, Al-Qaffal As-Syasyi.
Perbedaan pendapat di atas sebenarnya berpijak pada hadits yang sama, diantaranya,
ุนููู ุงุจููู ุนูู ูุฑู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ุฎูุงูููููุง ุงููู ูุดูุฑูููููู ูููููุฑููุง ุงููููุญูู ููุฃูุญููููุง ุงูุดููููุงุฑูุจู ููููุงูู ุงุจููู ุนูู ูุฑู ุฅูุฐูุง ุญูุฌูู ุฃููู ุงุนูุชูู ูุฑู ููุจูุถู ุนูููู ููุญูููุชููู ููู ูุง ููุถููู ุฃูุฎูุฐูู ุตุญูุญ ุงูุจุฎุงุฑูุ 5442)
Dari Ibnu Umar dari Nabi Muhammad bersabda, โTampillah kalian berbeda dengan orang-orang musyrik, peliharalah jenggot dan cukurlah kumisโ. Dan ketika Ibnu Umar melaksanakan haji atau umrah, beliau memegang jenggotnya, dan ia pun memotong bagian yang melebihi genggamannyaโ [Shahih Al-Bukhari, 5442]
Walaupun hadits ini menggunakan kata perintah (amar), bukan berarti menunjukkan kewajiban memanjangkan jenggot serta kewajiban mencukur kumis. Sebagaimana banyak sekali perintah dari Nabi untuk shalat witir setiap malam, perintah untuk merapal berbagai wirid dan doa menjelang tidur, perintah untuk membangun rumah singgah bagi Ibnu Sabil, perintah untuk bershadaqah setiap hari minimal 360 kali sesuai jumlah sendi di tubuh manusia, perintah mencegah setiap kemungkaran setiap kali terlihat mata kita, dan banyak sekali perintah yang shighatnya amar.
Apakah kita hendak menstatuskannya wajib semua? Sungguh para ulama jauh lebih cerdas dari kita yang belajar wazan dalam tashrif saja belum hafal apalagi segala kaidah lughah. Para ulama telah membuat elaborasi, pada asalnya amar (perintah dalam Syari'at) itu wajib. Jadi, pada asalnya wajib, tapi kalau ada dalil lain, bisa jadi turun taraf menjadi sunnah, seperti contoh-contoh tadi.
Oleh karena itu, Imam Ar-Ramli menyatakan bahwa perintah tersebut bukan karena jenggotnya, melainkan karena tradisi dan tujuan membedakan diri dengan orang-orang musyrik, dalam hal ini kaum Majusi. [Hasyiyah Asna Al-Mathalib, 4/162]
Sebagaimana perintah jama' qashar bagi jamaah haji sewaktu di Arafah, di Muzdalifah dan di Mina. Abu Hanifah berpendapat, โJama' dan qashar sebabnya adalah ibadah, bukan karena sebab safar. Mereka hendaknya qashar shalat, walaupun di Mina yang merupakan tempat terdekat dari Makkah. Sedangkan menurut metode elaborasi madzhab Syafi'i, jama' dan qashar yang diperintahkan kepada jamaah haji sewaktu di Arafah, Muzdalifah dan Mina tersebut adalah karena status mereka sebagai musafir. Nah, kita sekarang jadi tersadar kan? Tidak semua perintah itu kesimpulannya wajib.
Fakta yang mencengangkan, rupanya tidak hanya Ibnu Umar saja yang memangkas jenggot,
ุนู ุฃุจู ุฒุฑุนุฉ ุฑุญู ู ุงููู ุฃูู ูุงู : ูุงู ุฃุจู ูุฑูุฑุฉ ููุจุถ ุนูู ูุญูุชู ุซู ูุฃุฎุฐ ู ุง ููุถูู ู ููุง
Dari Abi Zurโah dia berkata, โAbu Hurairah menggenggam jenggotnya, kemudian memotong rambut jenggot yang lebih dari segenggamanโ.
'Abdullah bin โAbbas suatu hari ditegur murid-muridnya karena memegangi jenggot lalu memangkasnya, membuang yang melebihi genggaman. โTindakanku ini sesuai dengan perintah Al Quranโ, jawab beliau seperti dikutip Ibnu Katsir dalam Tafsirnya. โAyat yang mana?โ, tanya para murid. โFirman Allah, โDan para wanita memiliki hak yang seimbang dengan cara yang maโruf.โ (QS Al Baqarah [2]: 228). Aku suka berhias untuk istriku, sebagaimana aku suka dia berhias untukku.โ
Dalam riwayat berbeda dinyatakan,
ุนููู ุฌูุงุจูุฑู ููุงูู ูููููุง ููุนูููู ุงูุณููุจูุงูู ุฅููุงูู ููู ุญูุฌูู ุฃููู ุนูู ูุฑูุฉู (ุงุจู ุฏุงูุฏ . ุฅุณูุงุฏู ุญุณู ุงูู ูุชุญ ุงูุจุงุฑู 350/10)
Dari Jabir bin Abdillah โKami (Para Sahabat) memanjangkan jenggot kami kecuali saat haji dan umrahโ [Sunan Abu Dawud, dinilai hasan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar]
Abdul Haq Al-โAdzim Abadi berkata,
ููููู ุงููุญูุฏููุซ ุฃูููู ุงูุตููุญูุงุจูุฉ j ููุงูููุง ููููุตููุฑูููู ู ููู ุงููููุญูููุฉ ููู ุงููููุณููู (ุนูู ุงูู ุนุจูุฏ ุฌ 9 / ุต 246)
โDi dalam riwayat tersebut para sahabat memotong dari jenggot mereka saat ibadah haji atau umrahโ [Aun Al-Maโbud Syarh Sunan Abi Dawud 9/246]
Akankah kita cap Ibnu Umar dan Abu Hurairah serta Ibnu 'Abbas sebagai tidak paham sunnah? Di mana kita saat mereka berdua hafal 6236 ayat Al Quran plus tafsirnya dan ribuan Hadits Nabi di luar kepala? Uraian kami ini bukan kampanye gerakan ramai-ramai gunduli jenggot. Kami hanya membela elaborasi studi fiqih yang juga sama benarnya dengan yang memakruhkan pangkas jenggot.
Bahkan, ngomong-ngomong, Anda yang ngotot haram menggunting jenggot sepanjang hidup walau satu helai, patut untuk membaca realitas, Al-Hulaimi dalam kitab Al-Manahij menyatakan bahwa pendapat yang mewajibkan memanjangkan jenggot dan haram mencukurnya adalah pendapat yang lemah. [Hasyiyah Asna Al Mathalib, 5/551] Imam Ibnu Qasim Al-Abbadi menyatakan bahwa pendapat yang menyatakan keharaman mencukur jenggot menyalahi pendapat yang muโtamad. [Hasyiyah Tuhfah Al Muhtaj Syarh Al-Minhaj, 9/375]
Semoga selepas jawaban ini publish, kami tidak diberondong peluru cap zindiq-fasiq-dhalal. Penting sekali menyadari, silakan Anda panjangkan jenggot tapi jangan babi-babikan muslim yang janggutnya mulus. Sama halnya, selamanya kami tidak akan wedhus-wedhuskan Anda yang jenggotnya nyunnah. Toh nanti kita akan berhadap-hadapan di Mahkamah Allah untuk mempertanggungjawabkan apa yang kita yakini dari hasil elaborasi kita terhadap Al-Wahyaini, dua wahyu, yaitu Al-Qur'an dan As-Sunnah.
Kita sama-sama ittiba' Sunnah lho ya. Yuk peluk online! Al-Qur'an dan As-Sunnah memang pasti benar tapi pemahaman kita tentang Al-Qur'an dan As-Sunnah yang belum tentu benar. Sampai-sampai ada seseorang yang berjenggot membuat frasa untuk judul sebuah pelatihan, Ayat-ayat yang Shahihah. Wait! Memangnya ada ayat yang dha'ifah apalagi maudhu'ah?
Jadi, melaksanakan Sunnah berjenggot juga perlu sesuai Sunnah, termasuk Sunnahnya adalah tidak mencela orang-orang yang berkesimpulan bahwa memangkas jenggot juga Sunnah.
Lalu apa saja Sunnah khas pemeliharaan jenggot? Tinggal dipanjangin tapi jangan sampai merusak pemandangan dan membuat istri benci, jangan dicat hitam kalau muncul uban, kasih minyak jarang2 (tidak setiap hari), kalo wudhu disela2i air, jangan pula menghabiskan biaya banyak untuk keperluan perawatan jenggot, ini semua ulama sepakat. Berikut dalil-dalilnya.
Hadits tentang kisah ayah dari Abu Bakar Ash Shiddiq radhiallahuโanhu yang diriwayatkan oleh Muslim, dari Jabir bin Abdillah radhiallahuโanhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam, bahwa beliau ketika beliau melihat rambut dan jenggot ayah dari Abu Bakar seperti pohon tsaghamah yang berwarna putih beliau bersabda,
ุบูุฑูุง ูุฐุง ุจุดูุก ูุงุฌุชูุจูุง ุงูุณูุงุฏ
โubahlah warna rambut dan jenggot ini dengan suatu warna, namun jangan hitamโ.
Dalam riwayat lain,
ูุฌูุจูู ุงูุณูุงุฏ
โdan hindarilah warna hitamโ.
Hadits dari โUtsman bin โAffan radhiyallahu โanhu, beliau berkata,
ุฃูููู ุงููููุจูููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ููุงูู ููุฎูููููู ููุญูููุชููู
โNabi shallallahu โalaihi wa sallam biasa menyela-nyela jenggotnya (ketika berwudhu).โ [Sunan Tirmidzi, no. 31 dan Sunan Ibnu Majah, no. 430]
Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu berkata,
ููุงูู ุฑูุณููููู ุงูููู ููููุซูุฑู ุฏููููู ุฑูุฃูุณููู ููุชูุณูุฑูููุญู ููุญูููุชููู ููููููุซูุฑู ุงููููููุงุนู ุญูุชููู ููุฃูููู ุซูููุจููู ุซูููุจู ุฒููููุงุชู
"Rasulullah sering meminyaki rambutnya dan menyisir jenggotnya dan sering memakai tutup kepala, hingga bajunya seperti baju penjual minyak". [Sunan Al-Baihaqi dan Syarh As Sunnah, no. 3.164]
Diriwayatkan oleh Fudhalah bin Ubaid Radhiyallahu 'anhu,
ุฅูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููููููุงููุง ุนููู ููุซููุฑู ู ููู ุงููุฅูุฑูููุงูู ุฑูุงู ุฃุจู ุฏุงูุฏ
"Bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melarang kami untuk banyak bermewah-mewahan". [Sunan Abu Dawud]
๐ Dijawab oleh Abu Abizard *H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.* bin H. Yulianto
โโโโโโโโโโโโโโโโ
๐บ BCQUFI (Broadcast Quantum Fiqih) telah melayani KASYAF (Konsultasi Syariah dan Fiqih) hampir 430 sesi secara gratis/free tanpa syarat, baik secara tatap muka atau jarak jauh, baik lisan maupun tertulis, baik masalah Aqidah, Tafsir, Hadits, Fiqih, Akhlaq, Keluarga, dan lain sebagainya. Sampaikan pertanyaan melalui ustadzjibril@gmail.com atau http://wa.me/6282140888638. Jangan lupa sampaikan nama dan kota domisili. Jika pertanyaan mengandung aib, maka identitas penanya akan dirahasiakan.
๐บ Alhamdulillah telah tersalur hampir 350 mushaf Al-Quran ke berbagai masjid, mushalla, ma'had, majelis, TPQ, dll. atas infaq beberapa donatur. Ayo bergabung! Raih tsawab (pahala) 320.000 sekian huruf dalam Al-Quran dikalikan 10 dikalikan jumlah orang yang membaca dikalikan berapa banyak dibaca. Bisa waqaf atas nama sendiri, atau atas nama orang yang sudah wafat. Hubungi shadaqahjariyah@gmail.com atau http://wa.me/6282140888638