Konsultasi Syariah Shalat Nabi Adalah Standar Shalat Khusyu'



 *Shalat Nabi Adalah Standar Shalat Khusyu'* 
_Pertanyaan_
Assalamu’alaikum..
 Pak Ustadz, salat khusuk itu yang gmn ? Kok bnyak orang shalatnya merem, ada yg bibirnya mingkem saja, ada yg kyk org mati , ada ustd yg mengajarkan salat baru mencapai khusuk kalau sudah tidak dengar apa2, tidak merasakan apa2, walaupun digigit nyamuk.
 Ditanyakan oleh Bapak *M. Agus Rahmad* di Sidoarjo pada _27 Agustus 2017_
_Jawaban_
Wa'alaikumussalam
 Sesungguhnya, shalat khusyu' bukan shalat yang dilakukan dengan memejamkan mata, menutup mulut dan mengosongkan pikiran. Kalau seperti itu namanya meditasi. Memang shalat dengan memejamkan mata itu boleh ketika ada hal-hal yang mengganggu konsentrasi. Tapi memejamkam mata sepanjang shalat itu makruh, sebagaimana pernah saya jelaskan dalam artikel tersendiri.
 Shalat khusyu' juga bukan shalat dengan membayangkan diri kita sedang berada di alam lain. Shalat khusyu' pula bukanlah shalat yang dilakukan dengan sangat cepat dengan dalih mencegah pikiran memikirkan hal-hal selain shalat. Dan masih banyak praktek-praktek shalat yang digadang-gadang sebagai shalat yang khusyu'.
 Mudahnya, khusyu' adalah keadaan jiwa benar-benar menikmati apa yang sedang dikerjakan. Bekerja yang khusyu' adalah kita betul-betul menikmati apa yang sedang kita kerjakan dan kita sempurnakan pekerjaan kita. Pengemudi maupun pembalap yang khusyu' kalau dia konsentrasi dalam berkendaraan. Konsentrasi yang dimaksud tentu bukan berarti matanya tertutup atau telinganya disumbat sehingga tidak melihat atau mendengar apapun, agar konsentrasi. Malah bila dia melakukan hal-hal di atas, besar kemungkinan akan terjadi kecelakaan di jalan. Sebab apa yang dilakukannya bukan konsentrasi, melainkan menutup diri dari semua petunjuk dan lalu lalang di jalan raya.
❎ Shalat dengan khusyu' bukanlah orang yang shalat dengan menutup mata, menutup telinga dan menutup diri dari keadaan lingkungan sekitarnya. Baiklah, lalu dalam pencarian kita tentang arti hakiki shalat khusyu', tentu kita seharusnya bertanya-tanya, sebenarnya siapa yang shalatnya paling khusyu' dan menjadi rujukan kita?  Sebab setiap orang pasti akan mengklaim shalatnya sebagai yang paling khusyu'.
 Siapa sih orang yang paling khusyu' shalatnya di dunia ini? Pasti kita sepakat menjawab bahwa Nabi Muhammad adalah orang yang paling khusyu' dalam shalat. Maka definisi dan standarisasi khusyu' yang benar hanyalah semata-mata yang paling sesuai dengan shalat beliau.
❌ *Kita tidak dibenarkan untuk membuat definisi dan standar shalat khusyu' sendiri menurut logika serta khayal kita.* Sebab nanti akan muncul ribuan bahkan jutaan definisi shalat khusyu' yang sangat beragam, bahkan satu dengan lainnya saling bertolak-belakang.
 Satu-satunya rujukan dalam masalah shalat hanyalah apa yang pernah dikerjakan oleh Rasulullah. Bahkan beliau tegaskan lagi dengan sabdanya, "Shalatlah kalian sebagaimana shalatku yang kalian lihat." Maka gambaran shalat khusyu' itu perlu kita pahami secara lebih luas, tidak terbatas pada bentuk-bentuk yang selama ini umumnya dipahami orang. Sebab kenyataannya begitu banyak fakta yang menunjukkan bahwa Rasulullah melakukan shalat dengan berbagai keadaan, diantaranya,

 Nabi shalat dengan menggendong bayi. Nabi memperlama sujud karena dinaiki. Nabi mempercepat shalat karena mendengar tangisan bayi. Nabi mencegah orang lewat di depannya. Nabi membunuh kalajengking dan ular saat shalat. Nabi pernah lupa dalam gerakan shalat dan kemudian melakukan sujud sahwi. Nabi mengajarkan bertasbih bagi jama'ah pria dan bertepuk bagi jama'ah wanita jika imam shalat salah dalam gerakan shalat.
 Nabi mengajarkan shalat khauf yaitu shalat dengan berjama'ah ketika peperangan. Nabi shalat nafilah/sunnah di atas unta. Nabi memindahkan kaki istrinya yang sedang tidur di area shalat beliau. Nabi menjawab salam saat shalat dengan isyarat tangan. Nabi mewajibkan makmum mengikuti gerakan imam shalat. Aisyah istri Nabi memegang mushaf saat membaca surat-surat dalam shalat. Kata Nabi, senyum saat shalat tidaklah membatalkan. Nabi membolehkan orang yang shalat membersihkan tempat sujud yang berdebu atau kotor asalkan gerakannya tidak berulang-ulang. Nabi melirikkan mata tanpa menoleh saat shalat. 
 Nabi membukakan pintu saat shalat dan membolehkan makmum berjalan jika ada makmum lain datang. Nabi shalat di atas mimbar ketika sujud turun dari atas mimbar dan sujud di bawah. Nabi shalat dengan memakai sandal dan pernah melepas sandal karena diberitahu Malaikat Jibril ada najis dalam sandal beliau. Nabi mendengar para shahabat yang berlarian karena terlambat dan tidak mau tertinggal raka'at shalat. Nabi menganjurkan saat sujud dan setelah tasyahhud + shalawat untuk berdoa apa saja sesuai doa yang diajarkan beliau. Nabi mencekik jin jahat saat shalat. Nabi memperbolehkan shalat sembari duduk atau berbaring bagi orang yang sakit.
 Demikianlah shalat Nabi. Jelas tidak ada satupun muslim yang berani menjustis shalat Nabi adalah tidak khusyu’. Kalau ada yang berani, maka murtad dari Islam. Baiklah, marilah kita lakukan shalat yang khusyu’ sebagaimana shalatnya Rasulullah.
 Dijawab oleh *H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via surel *ustadzjibril@gmail.com* dengan menyebutkan nama dan kota asal.
 Bergabunglah di grup whatsapp Islamia dengan mendaftarkan nama dan kota asal ke whatsapp *085536587822*
 Kunjungi *quantumfiqih.blogspot.com* buat ngaji lebih banyak.
 Join bisnis dan pelatihan makanan ringan krupuk kedelai, nugget sayur ikan  laut, bakso  ikan, dan lain-lain di *sbycorporation.wordpress.com*
 Desain dan cetak majalah, buku, kitab & leaflet klik *desainmajalahislami.blogspot.com*
 Ingin berdonasi komputer bekas dan dana tunai untuk kemakmuran mushalla salurkan melalui *komunitasmushalla.blogspot.com*
 Pasang iklan atau cari info sekolah Islam unggulan di *islamicboardingschool.wordpress.com*

Related

Ibadah 2859669086579199690

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item