Konsultasi Syariah Puasa Qadha dan Sunnah Pada Hari Jumat




說說說說說說說說說說說說說說
‌‌‌‌‌ ‌‌‌‌‌
‌‌‌ ‌‌‌‌‌‌
‌‌‌‌ ‌‌‌‌ ‌‌‌‌‌
說說說說說說說說說說說說說說
#⃣ #broadcastquantumfiqih
No.: KS/1/IV/19/QUFI
Topik: 1⃣ _Konsultasi Syariah_
Rubrik: _quantumfiqihibadah_
‌‌‌‌‌‌
Konsultasi Syariah *304 - Puasa Qadha Dan Sunnah Pada Hari Jumat*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
_Pertanyaan_
Assalamualaikum…
 Ustadz sy punya utang puasa delapan hari, krn sakit trs sy mo ganti, tp sy mau mulai hari jumat apa bisa krn sy prnh dgr ceramah katax tdk bisa puasa dimulai hari jumat klu mau mengqoda. Apa betul ini Ustadz. Wassalam
 Ditanyakan oleh Bapak *Mahroem* (085230962629) dari Sulawesi pada _16 Maret 2019_
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
_Jawaban_
Wa'alaikumussalam.
 Coba Pak Mahroem tanya balik ke ustadz yang menyatakan haram mengqadha pada hari Jumat. Setahu kami, mengqadha puasa boleh kapan saja asal tidak pada hari2 haram puasa. Yang tidak boleh itu, puasa sunnah mutlaq pada hari Jumat tanpa disertai 1 hari sebelum atau sesudahnya.
 Sebetulnya ulama masih berbeda pendapat terkait kemakruhan puasa hari Jumat. Perbedaan ulama ini dijelaskan oleh Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam Nur Al Lum’ah fi Khashaish Al Jum’ah. Dalam kitab ini, Imam An-Nawawi, sebagaimana dikutip As-Suyuthi, menjelaskan,
الصحيح من مذهبنا وبه قطع الجمهور كراهة صوم الجمعة منفردا، وفي وجه أنه لا يكره إلا لمن لو صامه منعه من العبادة وأضعفه
“Pendapat yang paling shahih menurut madzhab kami dan ini termasuk pendapat jumhur ulama bahwa puasa hari Jumat makruh kalau tidak puasa sebelum dan sesudahnya. Sebagian pendapat mengatakan tidak makruh kecuali bagi orang yang terhalang ibadahnya lantaran puasa dan tubuhnya lemah.”
狀 Memang haditsnya sangat jelas dan lugas, nyata-nyata melarang puasa pada hari Jum’at. Namun, bukan berarti para ulama yang tidak memakruhkan puasa hari Jum’at itu berarti sedang menentang Rasulullah. Kita sama-sama tahu apalagi semua ulama hadits bahwa hadits itu dapat dipahami secara manthuq, mafhum dan ma’qul. Oleh karena itu, bisa jadi sebuah hadits itu mantannya haram tapi maknanya makruh atau makruh bersyarat alias makruh dengan pengecualian.
 Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Aku mendengar Nabi ﷺ bersabda,
لَا يَصُومَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلَّا يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ
_"Janganlah salah seorang di antara kamu berpuasa di hari Jumat kecuali dia juga berpuasa sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya."_ *[Shahih Al Bukhari No. 1985]*
泌 Namun, larangan dalam hadits ini bukan haram, tapi larangan tanzih (larangan ringan), sebagaimana pendapat mayoritas ulama.
 Imam Ash Shan’ani mengatakan,
وذهب الجمهور إلى أن النهي عن إفراد الجمعة بالصوم للتنزيه
Mayoritas ulama berpendapat bahwa larangan shaum hari Jumat secara ifrad (sendirian) adalah tanzih saja. *[Subul As Salam, 2/170]*
 Ada yang mengatakan puasa dimakruhkan pada hari itu karena hari raya; ada pula yang mengatakan puasa dimakruhkan karena hari Jum’at dianjurkan memperbanyak ibadah. Ini disamakan dengan wukuf di Arafah; ada juga yang mengatakan puasa dimakruhkan karena untuk berbeda dengan kaum Yahudi. Orang Yahudi puasa pada hari raya mereka, sementara umat Islam dianjurkan untuk tidak puasa pada hari raya.
什 Begitu juga larangan ini tidak mutlak, dia menjadi boleh jika dibarengi oleh shaum sehari sebelumnya atau sesudahnya, atau bagi orang yang memiliki kebiasaan shaum lalu kebiasaannya itu bertepatan di hari Jumat, misal seperti shaum yaumul bidh, atau shaum sunah yang pas  bertepatan di hari Jumat misal shaum hari ‘Arafah.
 Al Hafizh Ibnu Hajar berkata,
ويؤخذ من الاستثناء جوازه لمن صام قبله أو بعده أو اتفق وقوعه في أيام له عادة بصومها كمن يصوم أيام البيض أو من له عادة بصوم يوم معين كيوم عرفة فوافق يوم الجمعة ويؤخذ منه جواز صومه
Termasuk dikecualikan adalah bolehnya berpuasa bagi yang berpuasa sehri sebelumnya atau sesudahnya, atau bertepatan dengan shaum menjadi kebiasaannya seperti shaum ayyamul bidh, atau bagi yang biasa shaum pada hari-hari spesifik seperti hari ‘Arafah, maka jika itu bertepatan dengan hari Jumat lalu dia berpuasa maka itu boleh. *[Fath Al Bari, 4/234]*
 Seperti berkali-kali kami tegaskan, para ulama itu bukan orang-orang bodoh, bukan penentang ajaran Islam, bukan pembelot yang pin-plan. Para ulama itu orang-orang shalih yang takut kepada Allah. Kita saja yang kurang wawasan, kalau tidak mau dibilang bodoh, sehingga kita seringkali menuduh penjelasan/fatwa ulama itu tidak sesuai dengan syariat. Padahal, kenyataannya wawasan kita tidak mencapai wawasan ya para ulama. Wajar bila kita anggap para ulama ngawur tanpa dasar, lha wong kita belum tahu dasarnya. Bisa jadi juga pemahaman kita yang salah, lalu kita anggap benar, dan para ulama kita persepsikan salah hanya karena tidak sesuai dengan apa yang kita pahami yang sebenarnya pemahaman kita salah.
吝 Baiklah, apa gerangan yang membuat sebagian ulama berpandangan puasa yang bertepatan pada hari Jum’at itu tidak makruh? Disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لا تخصوا ليلة الجمعة بقيام من بين الليالي، ولا تخصوا يوم الجمعة بصيام من بين الأيام؛ إلاّ أن يكون في صوم يصومه أحدكم
_“Janganlah kalian mengkhususkan malam jumat untuk tahajjud, sementara malam yang lain tidak. Dan jangan mengkhususkan hari jumat untuk berpuasa tanpa hari yang lain. Kecuali jika puasa hari jumat itu bagian rangkaian puasa kalian.”_ *[Shahih Muslim]*
 Difatwakan oleh lembaga fatwa Syabakah Islamiyah, di bawah bimbingan Syaikh Dr. Abdullah Al-Faqih, Puasa di hari jumat saja hukumnya sah, hanya saja makruh. Karena itu, jika anda mampu untuk melakukan puasa qadha sehari sebelum atau sesudah hari jumat, maka itu lebih baik, sehingga tidak melanggar yang makruh. Tapi jika anda tidak mampu maka anda boleh melakukan puasa pada hari jumat untuk qadha, insyaAllah tidak masalah. *[http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=15115]*
 Jadi, yang terlarang itu adalah sengaja mengkhususkan atau menspesialkan hari Jum’at untuk berpuasa, baik puasa qadha atau puasa sunnah apapun, dengan anggapan hari Jum’at adalah hari baik yang harus diistimewakan dengan puasa. Itu yang terlarang. Pun begitu, dalam agama kita, terlarang itu tidak mesti mutlak haram sama sekali, ada makruh tahrim, ada pula makruh tanzih. Nah!
 Wa akhiran, itulah mengapa, Pak Mahroem kami sarankan untuk crosscheck ke ustadz yang pernah bapak simak ceramahnya yang mengharamkan qadha puasa walaupun bertepatan pada hari Jum’at. Sebab bisa jadi bapak yang salah paham atau salah dengar atau ustadznya yang salah ngomong atau salah paham atau sengaja salah.
 Dijawab oleh *H. BRILLY EL-RASHEED* BIN H. YULIANTO
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
 ‌‌‌‌‌ melalui Yayasan Shadaqah Jariyah Quantum Fiqih Ar-Rasyidiyyah (YADARIQUFIYA) membutuhkan bantuan dana infaq untuk keperluan kegiatan program pendidikan, sosial dan dakwah, dan untuk operasional Yayasan. Simak laporan finansial kami di *http://bit.ly/laporankeuanganyadariqufiya*
 Daftarkan diri mendapatkan broadcast whatsapp ‌‌‌‌‌‌  di *+62 821-4088-8638* dengan menyebutkan nama dan kota asal, awali dengan salam.
⚠ Jangan lupa simpan nomor ini dengan nama *KONSULTASI SYARIAH* agar bisa mendapatkan broadcast whatsapp dan tidak terlewat.

Related

Ibadah 3621060965941116521

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item