Majelis Syarh Shahih Al-Bukhari di Masjid Nabawi 2 Oktober 2016

Majelis Syarh Shahih Al-Bukhari ba'da Ashar 02102016 di Masjid Nabawi oleh Dr. Hamid bin Akram Al-Bukhari. 

Amalan taqarrub yang paling Agung setelah menjalankan kewajiban dan menjauhi larangan adalah menuntut ilmu yang mendekatkan kepada Allah. 

Allah menurunkan dua wahyu yaitu Al-Quran dan Sunnah Nabawiyyah. Keduanya tidak terpisah satu sama lain. Al-Quran diturunkan kepada Nabi dan Nabi diperintahkan untuk menjelaskannya. Segala yang ada di Al-Quran pasti dijelaskan di dalam As-Sunnah. 

Allah menurunkan dan menjaga Adz-Dzikr. Makna Adz-Dzikr adalah Al-Quran dan As-Sunnah. As-Sunnah dijaga Allah sebagaimana Al-Quran. As-Sunnah dijaga oleh orang-orang yang kompeten dalam setiap generasi. 

Kenapa hadits niat dimasukkan kitab Bad` Al-Wahy yaitu karena sebagai khuthbah muqaddimah. Isyarat bahwa jika penulisan kitab ini tidak karena Allah maka kitab ini tidak akan barakah. Isyarat lain adalah bahwa diturunkannya wahyu kepada Nabi adalah setelah Nabi membersihkan qalbunya dan meluruskan niatnya. 

Hadits pertama diriwayatkan dari Ahli Makkah isyarat bahwa wahyu pertama turun di Makkah dan hadits kedua diriwayatkan dari Ahli Madinah isyarat bahwa wahyu selanjutnya turun di Madinah. 

Ditafsirkan oleh Ibnu Syihab A-Zuhri, tahannuts adalah ta'abbud. 

Ahli Hadits berbeda pendapat mengenai berapa lama wahyu terputus,  tiga hari atau tiga bulan. Yang pasti, hal tersebut bukan untuk menghinakan Nabi. 

Waraqah bin Naufal adalah ahbar Nashrani Hiracla (Hercules) dan tahu kebenaran Nabi tapi dunia lebih menyenangkannya. Tapi pada waktunya Nabi menguasai kekayaan Waraqah sebagai ghanimah. 

Arisiyyun menurut Ibnu Hajar adalah Falahiyyun yaitu Nashrani yang mentauhidkan Allah dan mengimani Isa sebagai Abdullah dan rasul-nya tapi tidak mengimani Nabi Muhammad. 

Barangsiapa beribadah kepada Allah dengan syariat Musa, Isa dan lain sebagainya setelah diutusnya Nabi Muhammad maka ibadahnya tertolak. 

Ibnu Abi Kabsyah adalah kunyah Nabi saat belum diutus, yang disematkan oleh orang-orang Jahiliyyah. Abi Kabsyah adalah suami Halimah, ibu susuan Nabi. 

Dalam kitab Al-Iman, Al-Bukhari menulis hadits sebagai bantahan kepada Murji'ah yang mengatakan iman tidak bertambah maupun berkurang. 

Naskah paling shahih kitab Shahih Al-Bukhari adalah naskah Yuniniyyun dan Sulthaniyyah (Sulthan Abdul Hamid) yang disyarh oleh Qashthalani. 

Kitab-kitab hadits semuanya memiliki banyak jalan periwayatan.

Semua dosa diampuni sampaipun syirik dan kufur. Tapi kalau mati dalam keadaan syirik maka fa la yughfar. 

Ahlul Islam pada ada tiga yaitu Muhajirin, Anshar dan wa Alladzina Ja`u Min Ba'dihim. 

Nabi diracun pada perang Khaibar melalui daging kambing sehingga beliau meraih syahid meskipun beliau meninggal di rumah beliau di pangkuan Aisyah. Bekas racun tidak terlihat setelah Nabi memakannya dan baru terlihat ketika Nabi mendekati ajal beliau. 

Diringkas oleh H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.

Related

Faidah 5727489486982481944

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item