Kajian Shubuh Kitab Al-Hikam Hikmah Ke-41 Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya Jawa Timur

📒 *Kajian Shubuh Syarah Al-Hikam Ke-41* 📒

🎙 Oleh *Dr. KH. Mishbahul Munir*

⏰ _Shubuh 6 Juli 2017_

🕌 Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

#masjidalakbarsurabaya

💎 Ibnu Athaillah menyatakan, al-'ajabu kullul-'ajab _*"Sangat aneh seseorang yang lari dari sesuatu yang tidak mungkin dia terhindar darinya dan seseorang yang mencari sesuatu yang tidak akan kekal bersamanya. Sesungguhnya sikap tersebut bukan berarti buta mata tapi buta nuraninya. "*_

🎥 Dr. Sa'id Al-Buthi menjelaskan, "Apa yang dimaksud sesuatu yang tidak dapat dihindari? Yaitu Allah sejak manusia muncul cikal bakal kehidupannya."

🕋 Manusia cikal bakalnya yaitu nuthfah, alaqah, mudghah sampai berwujud manusia itu semua tidak bisa terhindar dari kebersamaan dengan Allah sampai akhir kehidupannya bahkan sampai ujung kehidupannya yaitu di Surga atau di Neraka.

🔥 Seseorang dikatakan menghindar dari Allah adalah ketika dia tidak mau tunduk kepada Allah.

🌏 Dr. Sa'id Al-Buthi menguraikan, "Dalam posisi apapun, mulhid atau mu'min atau fasiq, manusia semua tidak bisa lari dari Allah. Allah selalu bersama hamba-Nya. _Wa huwa ma'akum aina ma kuntum_."

⛵ Di tempat manapun siapapun tidak bisa terhindar dari Allah. Di dalam bumi atau pun di atas langit, Allah selalu bersama manusia. Sedang bergerak atau diam semuanya sedang bersama Allah. Hidup ini diatur dan digerakkan oleh Allah.

🎥 Dr. Sa'id Al-Buthi menuturkan, "Sesuatu yang tidak bisa kekal bersama manusia adalah segala selain Allah."

💝 Banyak orang mencari sesuatu dan merasa bisa kekal bersamanya. Mulai dari muda berusaha lalu jerih payahnya menghasilkan rumah yang indah dipenuhi perabot kemudian merasakan kebahagiaan walaupun lisan mengatakan alhamdulillah pasti akan beranggapan hidup ini masih lama untuk menikmati.

🏚 Apa yang dicintai manusia dirusak dulu oleh Allah sebelum manusia mati otomatis harus berpisah dan kehilangan. Rumah, mobil, keluarga, sangat cintai dan berharap umurnya masih panjang, tahu-tahu diambil oleh Allah. Atau apa yang dicintainya utuh tapi dia dulu diambil oleh Allah. Inilah dua sebab terpisahnya manusia dengan apa yang dia senangi.

🌷 Yakini apa yang kita cari di dunia ini sekedar sebagai sarana saja.

🎥 Dr. Sa'id Al-Buthi menegaskan bahwa tabiat sunnatullah memang demikian. "Manusia itu sebenarnya sudah ditunjukkan oleh Allah bahwa segala sesuatu awalnya lemah, berkembang menjadi kuat, lalu lemah lagi, dan kemudian hancur."

🎯 Lihat QS. An-Nahl: 70. Banyak manusia minta umur panjang biar bisa menikmati hidup tapi tidak dibarengi permintaan agar umurnya diberkahi Allah.

🍔 Itulah contoh proses kehidupan manusia yang pada akhirnya akan mati. Kebanyakan orang lupa bahwa yang dikejar itu sesuatu yang tidak kekal padahal ada Allah yang kekal. Karena itu jangan pernah lupa bahwa Allah tidak bisa kita hindari dan Allah akan membalas kebaikan dengan nikmat dan keburukan dengan siksa.

📝 Diringkas oleh *H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📬 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via surel *ustadzjibril@gmail.com* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

📱 Bergabunglah di grup whatsapp Islamia dengan mendaftarkan nama dan kota asal ke whatsapp *085536587822*

💻 Kunjungi *quantumfiqih.blogspot.com* buat ngaji lebih banyak.

🚛 Join bisnis dan pelatihan makanan ringan krupuk kedelai, nugget sayur ikan 🌊 laut, bakso 🐟 ikan, dan lain-lain di *sbycorporation.wordpress.com*

🖨 Desain dan cetak majalah, buku, kitab & leaflet klik *desainmajalahislami.blogspot.com*

🕌 Ingin berdonasi komputer bekas dan dana tunai salurkan melalui *komunitasmushalla.blogspot.com*

🔬 Pasang iklan atau cari info sekolah Islam unggulan di *islamicboardingschool.wordpress.com*

🕋 Umrah Akhir Tahun 2017 dan Haji Plus 2018 dengan pelayanan ekslusif-luxurious-prestisius bersama *Shafira Tour & Travel* (PT. BPW shafira Lintas Semesta) yang sudah memberangkatkan ribuan jamaah haji plus dan puluhan ribu jamaah umrah hubungi *whatsapp 085536587822*

Related

Faidah 1747203500241096193

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item