Gerakan Mencetak Imam Masjid


Sesungguhnya, gerakan mencetak imam masjid adalah proyek raksasa yang membutuhkan totalitas dari seluruh komponen masyarakat Islam. Tidak bisa dibiarkan, proyek ‘produksi’ imam masjid hanya ditangani oleh pihak-pihak tertentu, mengingat imam masjid adalah dari masyarakat dan untuk masyarakat, maka harus oleh masyarakat. Imam masjid berperan memimpin pengelolaan masjid dan segala aktifitasnya, pendidikan masyarakat di masjid, pendayagunaan asset-asset masjid, pelaksanaan ibadah-ibadah seperti shalat tarawih, shalat jenazah, shalat gerhana, shalat ‘Idain, dan lain sebagainya.
Sebagaimana termaktub dalam lembaran sejarah, imam masjid adalah sosok yang menggerakkan masyarakat di dalam masjid maupun di luar masjid untuk selalu terikat dengan Allah Al-Jabbar. Pada saat masjid pertama kali didirikan dalam sejarah Islam, Rasulullah adalah imam masjid sekaligus pemimpin Negara. Tatkala Rasulullah mendekati ajal, beliau sakit keras, maka Rasulullah meminta Abu Bakar menjadi imam masjid sementara. Sepeninggal Nabi, Abu Bakar lah yang didapuk masyarakat Madinah untuk menjadi imam masjid Nabawi sekaligus pemimpin Negara. Mu’adz bin Jabal diutus Rasul untuk menjadi imam masjid di masjid kampong jauh dari Masjid Nabawi, dan masyarakat sekitar menjadikan Mu’adz sebagai pemimpin wilayah tersebut.

Alhasil, gerakan mencetak imam masjid adalah gerakan melahirkan pemimpin umat. Maka kedalaman pemahaman fiqih dan skill leadership harus menjadi parameter profesi imam masjid sekaligus materi paling utama dalam proses pengkaderan imam masjid. Jika imam masjid sangat professional, maka gaji besar bulan soal, asal dia total dalam pembinaan umat di dunia global.

Baca selengkapnya di majalah Nasional MASAJID edisi Mei 2016 rubrik Kajian Utama.



Tags: Ormas Islam Induk di Indonesia, Jami’ah Khairiyah, Al-Irsyad Al-Islamiyah, Masyumi, Syarikat Islam Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persatuan Islam PERSIS, Nahdlatul Wathan, Pelajar Islam Indonesia PII, Lembaga Dakwah Islam Indonesia LDII, Jam’iyah Al-Washliyah, Rabithah ‘Alawiyah, Front Pembela Islam FPI, Hizbut Tahrir Indonesia HTI, Mathla’ul Anwar MA, Jam’iyah Al-Ittihadiyah, Hidayatullah, Al-Wahdah Al-Islamiyah, Majelis Tafsir Al-Quran MTA, Harakah Sunniyah Untuk Masyarakat Islami HASMI, Persatuan Tarbiyah Islamiyah PERTI, Persatuan Ummat Islam PUI,  Shiddiqiyah, Wahidiyah. 

Related

Inspirasi 7490270170058715770

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item