ORANG MATI DAN ORANG HIDUP ITU SAMA BEDANYA HANYA SEDIKIT | Konsultasi Syariah & Fiqih (KASYAF) | Bahtsul Masail Tarjih Fatwa Ijtihad

https://quantumfiqih.blogspot.com/2022/04/orang-mati-dan-orang-hidup-itu-sama.html
๐ *ORANG MATI DAN ORANG HIDUP ITU SAMA BEDANYA HANYA SEDIKIT* ๐
๐ Oleh H. Brilly Y. Will. El-Rasheed, S.Pd. bin H. Yulianto _(Penyusun Sekaligus Desainer Grafis Hampir 20 Naskah Master Mushaf Al-Quran Hingga 14 April 2022)_
๐ Sesungguhnya, orang mati dan hidup itu sama bedanya hanya soal ruh. Orang hidup mendengar, ruh mayit juga mendengar, namun hanya jika diizinkan Allah saja. Orang hidup merasa sakit bila disakiti jasadnya, ruh mayit juga merasa sakit bila jasadnya tersakiti. Orang hidup melihat apa yang kasat mata, ruh mayit juga bisa melihat tapi hanya hal-hal yang diperlihatkan Allah. Orang hidup mencium wangi harum, orang mati juga. Orang hidup dihimpit tanah bisa merasakannya, orang mati begitu juga. Orang hidup bisa diajak bicara, orang mati juga, keduanya asalkan diizinkan Allah, bedanya, orang mati hanya bisa diajak bicara oleh orang hidup tapi tidak terdengar jawabannya oleh orang hidup. Orang hidup terganggu ketika ada orang hidup lainnya yang tersiksa, orang mati juga terganggu ketika ada orang mati lainnya yang tersiksa, keduanya hanya ketika dijadikan Allah bisa mengetahui. Orang hidup tidak mengetahui hal-hal ghaib, orang mati juga tidak sepenuhnya tahu semua hal ghaib, hanya keghaiban-keghaiban tertentu yang dipertunjukkan Allah.
๐ชฃ Orang hidup butuh makan-minum, jasad jenazah tidak butuh keduanya. Orang hidup berpikir, ruh mayit juga berpikir. Orang hidup sedih dan bahagia, ruh mayit begitu juga. Orang hidup berbicara, ruh mayit juga berbicara, hanya berbeda bentuk. Orang hidup diberi rizqi, ruh mayit plus jasadnya juga diberi rizqi. Orang hidup tidak bisa memberi rizqi, orang mati juga. Orang hidup bisa menolong, orang mati juga bisa, keduanya hanya jika dikehendaki Allah. Orang hidup tidak bisa mengabulkan doa, orang mati juga. Orang hidup tidak berhak diminta-mintai, orang mati juga. Orang hidup yang shalih senang menghadiri majelis-majelis ilmu yang secara otomatis mendzikirkan kepada Allah, orang mati pun seperti itu, baik majelis yang dipimpin oleh orang hidup atau ruh ulama.
๐งบ Orang hidup senang jika dibantu melunasi hutang, orang mati juga. Orang hidup bangga bila ada keluarganya yang terpandang di dunia, orang mati bangga bila ada keluarganya yang terpandang di Akhirat. Orang hidup ingat keluarganya dan bisa lupa, orang mati sama saja, bedanya, orang hidup lupa keluarga jika bergelimang nikmat yang memfasilitasinya bermaksiat, ruh orang mati lupa keluarga jika bergelimang nikmat qubur yang memfasilitasinya beribadah di dalam qubur, tapi mudah ingat keluarga sekalipun nikmat qubur selalu bersamanya.
๐งฐ Orang hidup senang bila dikunjungi orang hidup lainnya yang disenanginya atau menguntungkannya, ruh mayit juga senang bila dikunjungi orang hidup dan orang mati yang disenanginya atau menguntungkannya bagi kehidupannya di barzakh dan di Akhirat kelak. Orang hidup bisa bepergian, ruh mayit juga bisa bepergian sesuai izin Allah bahkan ke mana saja, sepanjang dulunya dia adalah orang baik (shalih/shalihah). Orang hidup ada ruhnya, jasad jenazah tidak ada ruhnya sejak Malaikat Maut mengeluarkan ruh tersebut hingga mengembalikannya ketika hendak ditanyai dua malaikat yaitu Munkar-Nakir. Usai ujian Munkar-Nakir, maka ruh akan berada di jasad mayit, dan jika jasad sudah hancur, maka yang tersisa hanya tulang ekor saja, dan di situlah ruh berada. Sekali lagi, jika ruh baik maka dia mursal (bisa ke mana saja). Jika ruh buruk maka dia masjun (terpenjara). Ruh baik akan terus beribadah selama di alam barzakh dan sekaligus menyaksikan Surga. Ruh buruk akan diadzab sesuai kadar keburukannya, dan adzabnya berhenti dalam kondisi-kondisi tertentu.
๐ฐ๏ธ Hanya ada dua hal mendasar yang tidak sama, orang hidup butuh bertransaksi komersil, orang mati tidak, sebab orang hidup berpotensi hasad (dengki), takabbur (sombong), bughdh (benci), ta'ashub (fanatisme), ghadhab (marah), dan lain-lain, dalam rangka mempertahankan kenyamanan hidupnya dan al-amal (angan-angan) di dunia. Orang hidup bisa berada di atas tanah maupun di dalamnya, orang mati tidak bisa beraktifitas di atas tanah maupun di dalamnya, kecuali ruhnya saja.
๐งญ Orang hidup senang bila mendapatkan hadiah atau kiriman dari sesamanya, yang bermanfaat bagi hidupnya, demikian halnya orang mati juga senang bila mendapatkan hadiah atau kiriman dari sesamanya maupun orang-orang yang masih hidup, tentunya hadiah yang berguna baginya bukan benda fisik tapi "hanya" berupa transferan saldo/deposit tsawab (pahala), baik berupa penunaian nadzar, pelaksanaan haji-umrah, pembacaan Al-Qur`an dan dzikir-dzikir, pengeluaran zakat-infaq-shadaqah-waqaf, dan lain-lain. Sebenar orang hidup juga beruntung bila mendapat kiriman pahala dari sesama orang hidup, cuma banyak orang yang tidak menggubris karena tidak tahu ilmunya.
โฐ Sebagai patokan awal, ada fatwa dari Majelis Ulama Kuwait,
ููุฃูููู ุงููู
ูููุชู ูุงู ููู
ูููุนู ุงูุชููููุฑููุจู ุนููู ุงููู
ููููุชู ููู
ูุง ููู ุงูุตููุฏูููุฉู ููุงููุญูุฌูู
โKematian tidak bisa menghalangi orang yang meninggal dunia untuk ber-taqarrub kepada Allah sebagaimana dalam shadaqah dan ibadah haji.โ *[Mausuโah al-Fiqhiyyah al-Kuwatiyyah, juz, 5, h. 106-107, Bairut: Dar As-Salasil]* Jadi, orang yang sudah wafat masih bisa menambah saldo tsawabnya (pahalanya) dan mengurangi saldo wizrnya (dosanya), toh totalannya kan masih nanti ketika Yaum Al-Hisab hingga Yaum Al-Mizan.
โ๏ธ Tak hanya berbagi tsawab kepada orang yang sudah meninggal, kepada orang yang masih hidup juga boleh. Sama sekali tidak terlarang, kita beribadah lalu tsawabnya kita transfer kepada orang lain yang masih hidup.
๏ปญ๏บ๏ป๏บค๏ปฒ ๏ป๏บ๏ป๏ปค๏ปด๏บ ๏ป๏ปฒ ๏ปง๏ป๏ป๏ปช ๏บ๏บ๏ป๏บช๏ป๏บ๏บ ๏ปญ๏ปง๏บค๏ปฎ๏ปฉ.๏บ๏ปซู
๏บ๏ป๏ป๏บฎ๏ปญ๏ป ๏ปป๏บ๏ปฆ ๏ปฃ๏ป๏ป ๏บข ๏บ๏ป๏บ ๏บฐ๏บ ๏บ๏ป๏บ๏บ๏ปง๏ปฒ ๏บน 312
Ibnu Muflih menuturkan, โOrang hidup itu seperti orang yang sudah mati dalam hal bermanfaatnya doa (orang lain) baginya dan amalan selainnya.โ *[Al-Furuโ 2/312]*
ููู ูุชุงูู ุดูุฎูุง ุณุนูุฏ ุณูุจู : ู
ู ุนู
ู ูููุณู ุซู
ูุงู: ุงูููู
ุงุฌุนู ุซูุงุจู ูููุงู ูุตู ูู ุงูุซูุงุจุ ุณูุงุก ูุงู ุญูุงู ุฃู ู
ูุชุงูุ ุฃู ูุณูุงุก ูุงู ุจุทุฑูู ุงูุชุจุนูุฉ ุฃู ุงูุงุณุชููุงู ู ุจุบูุฉ ุงูู
ุณุชุฑุดุฏูู ุต ูกูฉูฆ
๐ป Dalam fatwa guru kami Saโid Sunbul, โBarangsiapa beramal untuk dirinya sendiri kemudian berdoa, โYa Allah, jadikanlah tsawab (pahala) amal ini untuk fulan,โ maka tsawab tersebut akan sampai, baik hidup atau sudah wafat, atau baik melalui jalur yang terhubung atau tidak ada jalur.โ *[Bughyah Al-Mustarsyidin hal. 196]*
ููู ูุฑุจุฉ ูุนููุง ุงูู
ุณูู
ูุฌุนู ุซูุงุจูุง ุฃู ุจุนุถูุง ูุงููุตู ููุญููุ ูู
ุณูู
ุญู ุฃู ู
ูุช ุฌุงุฒุ ูููุนูุ ูุญุตูู ุงูุซูุงุจ ูู.
โSemua ibadah yang dilakukan seorang Muslim, kemudian dia pahalanya atau sebagian pahalanya, misalnya setengah pahalanya untuk Muslim yang lain, baik masih hidup maupun sudah meninggal, hukumnya dibolehkan, dan bisa bermanfaat baginya. Karena dia telah mendapatkan pahala.โ *[Al-Iqnaโ, 1/236]*
๐บ Bahkan Imam Ibnu Baz menyatakan adanya ijma' untuk hal ini,
ุฃู
ุง ุงูุตุฏูุฉ ูุชููุน ุงูุญู ูุงูู
ูุช ุจุฅุฌู
ุงุน ุงูู
ุณูู
ููุ ูููุฐุง ุงูุฏุนุงุก ูููุน ุงูุญู ูุงูู
ูุช ุจุฅุฌู
ุงุน ุงูู
ุณูู
ูู
โUntuk shadaqah, bisa bermanfaat bagi yang hidup maupun yang mati, dengan sepakat kaum Muslimin. Demikian pula doa, bisa bermanfaat bagi orang yang hidup maupun yang mati, dengan sepakat kaum Muslimin.โ *[Majmuโ Fatawa Ibnu Baz, 4/348]*
๐ Dari sini, kami sarankan untuk membaca hingga khatam kitab At-Tadzkirah karya Imam Al-Qurthubi dan Syarh Ash-Shudur karya Imam As-Suyuthi, ditambah kitab-kitab lainnya. Apa yang kami paparkan, kami ramu dan rangkum dari kedua kitab tersebut dan lainnya. Sebagian dalil kami jabarkan di sini sebagai berikut.
๐ Rasรปlullรขh Shallallahu โalaihi wa sallam memerintahkan untuk segera dalam mengurus mayat manusia. Beliau Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
ุฃูุณูุฑูุนููุง ุจูุงููุฌูููุงุฒูุฉู ููุฅููู ุชููู ุตูุงููุญูุฉู ููุฎูููุฑู ุชูููุฏููู
ููููููุง ููุฅููู ูููู ุณูููู ุฐููููู ููุดูุฑูู ุชูุถูุนูููููู ุนููู ุฑูููุงุจูููู
ู
_"Segerakanlah penyelenggaraan jenazah. Karena, apabila jenazah itu orang shalih maka kalian telah berbuat baik untuknya. Sedangkan jika jenazah itu bukan orang baik maka agar kalian segera meletakkan benda jelek dari pikulan kalian."_ *[Shahih Al-Bukhรขri, no. 1252]*
๐ Dari Anas bin Malik Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda,
ุฅูููู ุงููู
ููููุชู ุฅูุฐูุง ููุถูุนู ููู ููุจูุฑูููุ ุฅูููููู ููููุณูู
ูุนู ุฎููููู ููุนูุงููููู
ู ุฅูุฐูุง ุงููุตูุฑููููุง
_"Sesungguhnya mayit jika diletakkan di kuburnya dia bisa mendengarkan suara hentakkan sendal mereka (para pengantar) jika mereka kembali pulang."_ *[Shahih Muslim no. 2870]*
๐ป Syaikh Abul-Hasan Al-Mubarakfuri menjelaskan,
ูููู ุฏูุงูุฉ ุนูู ุญูุงุฉ ุงูู
ูุช ูู ุงููุจุฑุ ูุฃู ุงูุฅุญุณุงุณ ุจุฏูู ุงูุญูุงุฉ ู
ู
ุชูุน ุนุงุฏุฉ. ูููู ุฏููู ุนูู ุฌูุงุฒ ุงูู
ุดู ุจุงููุนุงู ูู ุงููุจูุฑ ููููู - ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ูุงูู ูุฃูุฑูุ ููู ูุงู ูู
ูุฑููุงู ูุจููู
Hadits ini terdapat dalil bawa mayit itu hidup di kuburnya, karena adanya rasa peka tanpa adanya kehidupan adalah hal yang terhalang menurut kebiasaannya. Ini juga dalil bahwa bolehnya berjalan di kubur dengan sendal sebab Rasulullah mengatakannya dan menetapkannya, seandainya itu makruh niscaya akan Beliau jelaskan. *[Mirโah Al-Mafatih, 1/220]*
๐ฆ Pertanyaan tentang tahu dan tidaknya ahli kubur terhadap orang-orang yang menziarahinya sesungguhnya telah terjawab oleh riwayat Al-Baihaqi dalam Kitab Syuโab Al-Iman dari Muhammad bin Wasi', Ia menyebutkan,
ุจููุบููู ุฃูู ุงููู
ูููุชูู ูุนูู
ูููู ุจุฒูุงุฑูู
ููููู
ุงููุฌูู
ูุนูุฉ ููููููู
ุง ูุจูู ููููููู
ุง ุจุนุฏู
โTelah sampai kepadaku bahwa orang-orang yang telah meninggal mengetahui orang yang menziarahinya pada hari Jumat, serta satu hari sebelum dan setelahnya.โ Hal ini ditegaskan oleh As-Suyuthi sebagaimana riwayat Al-โUqaili dari Abu Hurairah. Hal ini malahan pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam oleh seorang sahabat bernama Abu Razin. Tanya Abu Razin, โWahai Rasul, jika aku mau berjalan lewat kuburan orang-orang meninggal, adakah ucapan yang dapat aku sampaikan ketika melewati mereka?โ Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam menjawab, _โUcapkanlah olehmu,_
ุงููุณููููุงู
ู ุนูููููููู
ู ููุง ุฃููููู ุงููููุจูููุฑู ู
ููู ุงููู
ูุณูููู
ููููู ููุงููู
ูุคูู
ูููููููุ ุฃูููุชูู
ู ููููุง ุณููููู ููููุญููู ููููู
ู ุชูุจูุนูุ ููุฅููููุง ุฅููู ุดูุงุกู ุงูููู ุจูููู
ู ููุงุญููููููู
_โSalam keselamatan teruntuk kalian, wahai ahli kubur dari orang-orang muslim dan mukmin. Kalian adalah pendahulu bagi kami. Dan kami adalah pengikut kalian. Sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul kalian.โโ_ Ditanyakan oleh Abu Razin, โMemangnya mereka mendengar?โ โMereka mendengar, namun tidak bisa menjawab. Hai Abu Razin, tidakkah engkau rida ucapanmu dijawab malaikat sebanyak mereka?โ kata Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam. Ditambahkan oleh As-Suyuthi, maksud โMereka tidak mampu menjawabโ di sini adalah menjawab dengan jawaban yang terdengar oleh orang hidup. Artinya, mereka tetap menjawab hanya saja tak terdengar oleh orang yang hidup. *[Mirqah Al-Mafatih, [Beirut, Dar Al-Fikr: 2002 M], jilid 4, halaman 1259]*
๐ Ada pula hadits shahih riwayat Ibnu โAbdil Barr. Dalam riwayat itu, Nabi Muhammad bersabda,
ู
ูุง ู
ููู ุฑูุฌููู ููู
ูุฑูู ุจูููุจูุฑู ุงูุฑููุฌููู ุงูููุฐูู ููุงูู ููุนูุฑููููู ููู ุงูุฏููููููุง ููููุณููููู
ู ุนูููููููุ ุฅููููุง ุฑูุฏูู ุงููููู ุนููููููู ุฑูุญู ุญูุชููู ูุฑุฏ ุนููููููู ุงูุณููููุงู
_โTidaklah seorang laki-laki melintas ke kuburan laki-laki meninggal yang dikenalinya saat di dunia, kemudian ia mengucap salam kepadanya, kecuali Allah mengembalikan ruh kepada (jasad)nya sehingga yang meninggal itu bisa menjawab salam kepadanya.โ_
๐ Imam Al-Qurthubi menguraikan,
ูููููู ููู
ู ููุณูู
ูุนู ุงููู
ููููุชู ููู
ู ููุณููููู
ู ุนููููููู. ููููุฐูุง ููุงุถูุญู ููููุฏู ุจูููููููุงูู ููู ููุชูุงุจู" ุงูุชููุฐูููุฑูุฉู"
"Seandainya mayit tidak bisa mendengar niscaya tidaklah diucapkan salam untuknya. Hal ini begitu jelas, dan telah kami jelaskan dalam kitab At-Tadzikirah. *[Tafsir Al-Qurthubi, 13/233]*
๐ Ada pendapat Imam Al-Yafiโi sebagaimana dikutip oleh Syekh Jalaluddin As-Suyuthi,
ููู ู
ููุถูุน ุขุฎุฑ ู
ูุฐูููุจ ุฃูู ุงูุณููุฉ ุฃูู ุฃูุฑูููุงุญ ุงููู
ูููุชูู ุชุฑุฏ ููู ุจุนุถ ุงููุฃูููููุงุช ู
ู ุนูููู ุฃูู ู
ู ุณูุฌูููู ุฅูููู ุฃูุฌูุณูุงุฏูู
ููู ููุจููุฑูู
ุนูููุฏ ุฅูุฑูุงุฏูุฉ ุงููู ุชูุนูุงููู ูุฎุตูุตุง ููููููุฉ ุงููุฌูู
ูุนูุฉ ููุฌูุณูู ููููุชูุญูุฏููุซูููู ูููุนู
ุฃูู ุงููููุนูู
ููุนุฐุจ ุฃูู ุงููุนูุฐูุงุจ ูุชุฎุชุต ุงููุฃูุฑูููุงุญ ุฏูู ุงูุฃุฌุณุงุฏ ุจุงููุนูู
ุฃูู ุงููุนูุฐูุงุจ ู
ูุง ุฏูุงู
ูุช ููู ุนูููู ุฃูู ุณูุฌูููู ููููู ุงููููุจูุฑ ูุดูุชูุฑู ุงูุฑููุญ ูุงูุฌุณุฏ
Dalam pendapat ulama Ahli Sunnah yang lain disebutkan bahwa pada waktu-waktu tertentu ruh orang-orang yang meninggal dikembalikan dari โiliyyin atau sijjin ke jasad mereka yang ada dalam qubur ketika Allah berkehendak, dan khususnya pada malam Jumat. Sehingga mereka bisa duduk dan berbincang. Ahli nikmat mendapat nikmat, sedangkan ahli adzab akan mendapat siksa. Selama berada di โiliyyin atau sijjin, ruh tanpa jasad mendapat nikmat atau azab. Sedangkan ketika berada dalam qubur, ruh bersama-sama jasad (menerimanya). *[Syarh Ash-Shudur bi Syarh Hal Al-Mauta wa Al-Qubur, [Beirut, Darul Maโrifah: 1996 M], halaman 220]*
ุนููู ุฃูููุณู ุจููู ู
ูุงููููุ ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ูุ ุชูุฑููู ููุชูููู ุจูุฏูุฑู ุซูููุงุซูุงุ ุซูู
ูู ุฃูุชูุงููู
ู ููููุงู
ู ุนูููููููู
ู ููููุงุฏูุงููู
ูุ ููููุงูู: ยซููุง ุฃูุจูุง ุฌููููู ุจููู ููุดูุงู
ู ููุง ุฃูู
ููููุฉู ุจููู ุฎููููู ููุง ุนูุชูุจูุฉู ุจููู ุฑูุจููุนูุฉู ููุง ุดูููุจูุฉู ุจููู ุฑูุจููุนูุฉู ุฃูููููุณู ููุฏู ููุฌูุฏูุชูู
ู ู
ูุง ููุนูุฏู ุฑูุจููููู
ู ุญููููุงุ ููุฅููููู ููุฏู ููุฌูุฏูุชู ู
ูุง ููุนูุฏูููู ุฑูุจููู ุญููููุงยป ููุณูู
ูุนู ุนูู
ูุฑู ูููููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ูุ ููููุงูู: ููุง ุฑูุณูููู ุงูููู ูููููู ููุณูู
ูุนููุง ููุฃููููู ููุฌููุจููุง ููููุฏู ุฌูููููููุงุ ููุงูู: ยซููุงูููุฐูู ููููุณูู ุจูููุฏููู ู
ูุง ุฃูููุชูู
ู ุจูุฃูุณูู
ูุนู ููู
ูุง ุฃูููููู ู
ูููููู
ูุ ูููููููููููู
ู ููุง ููููุฏูุฑูููู ุฃููู ููุฌููุจููุงยป
๐ Dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam meninggalkan korban perang Badar selama tiga hari, lalu mendatangi mereka dan memanggil mereka, dan berkata, _โWahai Abu Jahl bin Hisyam, wahai Umayyah bin Khalaf, wahai โUtbah bin Rabiโah, wahai Syaibah bin Rabiโah, apakah janji Tuhan kalian kepada kalian itu benar adanya? Sedangkan aku telah mendapatkan janji Tuhanku benar adanya.โ_ Umar bin Al-Khaththab mendengar ucapan Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam dan bertanya, โWahai Rasulullah, bagaimana mereka bisa mendengar dan bagaimana mereka bisa menjawab, padahal mereka telah menjadi bangkai?โ Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam menjawab, _โDemi yang jiwaku ada di tangan-Nya, kamu tidaklah lebih mendengar dibanding mereka terhadap apa yang aku katakan, hanya saja mereka tidak bisa menjawabnya.โ_ *[Shahih Muslim no. 2874]*
๐ Imam Ibnu Taimiyah menjelaskan bahwa kemampuan mayit mendengarkan suara orang hidup adalah kemampuan secara global saja, tidaklah selalu mendengar, tapi kadang mendengar pada suatu keadaan, kadang tidak dalam keadaan lain, sebagaimana manusia hidup,
ููุฐู ุงููุตูุต ูุฃู
ุซุงููุง ุชูุจูู ุฃู ุงูู
ูุช ูุณู
ุน ูู ุงูุฌู
ูุฉ ููุงู
ุงูุญูุ ููุงูุฌุจ ุฃู ูููู ุงูุณู
ุน ูู ุฏุงุฆู
ุงูุ ุจู ูุฏ ูุณู
ุน ูู ุญุงู ุฏูู ุญุงูุ ูู
ุง ูุฏ ูุนุฑุถ ููุญูุ ูุฅูู ูุณู
ุน ุฃุญูุงูุงู ุฎุทุงุจ ู
ู ูุฎุงุทุจูุ ููุฏ ูุง ูุณู
ุน ูุนุงุฑุถ ูุนุฑุถ ูู
Dalil-dalil ini dan semisalnya menjelaskan bahwa mayit dapat mendengarkan pembicaraan manusia hidup secara umum, namun tidak mesti pendengaran itu selalu, tetapi dia mendengar pada suatu keadaan dan tidak pada keadaan lain, sebagaimana yang terjadi pada orang hidup, kadang dia bisa mendengar orang yang berbicara kepadanya kadang tidak mendengarnya. *[Majmuโ Al-Fatawa, 5/364]*
๐ Diantara dalil, siksaan yang dialami orang-orang kafir di alam barzakh bisa memberikan efek buruk bagi orang hidup, ada riwayat yang dituliskan oleh Al Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah. Ketika itu Rasulullah shalallahu โalaihi wa sallam melewati bekas perkampungan kaum Tsamud (kaum yang telah dimusnahkan oleh Allah), beliau bersabda, _โJanganlah kalian meminum air darinya meskipun sedikit, jangan pula mengambilnya sebagai air wudhu untuk shalat, dan adonan yang kalian olah jadikan saja sebagai pakan ternak dan jangan kalian makan darinya. Dan ketika malam janganlah kalian keluar kecuali bersama temanโ_. Para sahabatpun patuh pada perintah Nabi shalallahu โalaihi wa sallam kecuali dua orang lelaki dari Bani Saaโidah. Yang satu buang air besar yang satunya lagi mencari onta yang hilang. Di akhir riwayat disebutkan bahwa kedua orang tadi mengalami musibah. Yang pertama terjatuh dari lokasi buang air besar, sedang yang kedua tertiup angin hingga sampai di Gunung Thaiโ. *[Zad Al-Maโad 3/531 melalui kitab Iqadz Al-Himmah Li Ittibaโi Nabiyy Al-Ummah hal. 130-131 li Syaikh Khalid bin Suโud Al- โAjamiyyi]*
๐ Masih banyak dalil lainnya, diantaranya,
466- ููุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฑูุถููู ุงููููููู ุนูููููุง; ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงููููููู โ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
โ ููุงูู: โ ููุณูุฑู ุนูุธูู
ู ุงููู
ููููุชู ููููุณูุฑููู ุญููููุง โ ุฑูููุงูู ุฃูุจูู ุฏูุงููุฏู ุจูุฅูุณูููุงุฏู ุนูููู ุดูุฑูุทู ู
ูุณูููู
ู ููุฒูุงุฏู ุงุจููู ู
ูุงุฌููู ู
ููู ุญูุฏููุซู ุฃูู
ูู ุณูููู
ูุฉู: โ ููู ุงููุฅูุซูู
ู โ
Dari Aisyah radhiyallaahu anha beliau berkata, _"Mematahkan tulang mayit seperti mematahkan tulangnya saat hidup_ *[riwayat Abu Dawud dengan sanad sesuai syarat Muslim]* Dalam lafazh Ibnu Majah dari hadits Ummu Athiyyah ada tambahan: dalam hal dosa.
๐ Juga dalil,
ุงูุฌุงู
ุน ุงูุตุบูุฑ ูุฒูุงุฏุชู (ุต: 1276ุ ุจุชุฑููู
ุงูุดุงู
ูุฉ ุขููุง)
ุฅุฏููููููุง ู
ูููุชุงููู
ู ููุณูุทู ููููู
ู ุตุงููุญููู ูุฅููู ุงูู
ููููุชู ููุชูุฃุฐููู ุจุฌุงุฑู ุงูุณูููุกู ููู
ูุง ููุชูุฃุฐููู ุงูุญูููู ุจุฌุงุฑู ุงูุณูุก (ุฃุจู ูุนูู
ูู ุงูุญููุฉุ ูุงูุฎูููู ูู ู
ุดูุฎุชูุ ููุงู: ุบุฑูุจ ุฌุฏููุง ุนู ุฃุจู ูุฑูุฑุฉ. ุงุจู ุนุณุงูุฑ ุนู ุนูู ูุงุจู ู
ุณุนูุฏ ูุงุจู ุนุจุงุณ)
Dari 'Ali, Ibnu Mas'ud, Ibnu 'Abbas, Abu Hurairah, Nabi bersabda, _"Quburkanlah orang-orang mati kalian di tengah (pemakaman) kaum shalihin karena mayit itu terganggu dengan tetangga (sesama ahli qubur) yang buruk sebagaimana orang hidup terganggu dengan tetangga yang buruk."_ *[Musnad Ibnu 'Asakir & Hilyah Al-Auliya`. Al-Jami' Ash-Shaghir]*
๐ Tentang gangguan yang menimpa mayit muslim akibat siksaan yang menimpa orang-orang kafir Al-Imam Al Munawiyy mengutarakan,
(ูุฅู ุงูู
ูุช ูุชุฃุฐู) ูุชุถุฑุฑ (ุจุฌุงุฑ ุงูุณูุก) ุจุงููุชุญ ูุงูุฅุถุงูุฉ ุฃู ุจุณุจุจ ุฌูุงุฑ ุฌุงุฑ ุงูุณูุก ุงูู
ูุช ูุชุฎุชูู ู
ุฑุงุชุจ ุงูุถุฑุฑ ุจุฅุฎุชูุงู ุฃุญูุงู ุงูู
ุชุถุฑุฑ ู
ูู ููุญู ุดุฏุฉ ุชุนุฐูุจ ุฃู ูุชู ุฑูุญ ุฃู ุธูู
ุฉ ุฃู ุบูุฑ ุฐูู
โSesungguhnya mayyit itu merasa terganggu dan termadharrati oleh tetangga yang buruk. Dengan fathah dan idhafah maksudnya ia terganggu dengan tetangganya berupa mayyit lain yang buruk. Dan gangguan/madharrat ini berbanding lurus dengan keadaan mayyit yang mengganggu tersebut, tergantung dari kuatnya adzab, atau uap angin panas atau kegelapan di qubur atau yang lainnyaโ. *[Faidh Al-Qadir 1/230]*
๐บ Nampaknya, sekian dalil ini sudah mewakili sebagai dasar apa yang kami simpulkan di awal kajian ini. Dari sini, kami sarankan untuk membaca hingga khatam kitab At-Tadzkirah karya Imam Al-Qurthubi dan Syarh Ash-Shudur karya Imam As-Suyuthi. Jika ingin lebih lagi, baca kitab-kitab tafsir dan syarah hadits yang babon/induk. Baca bersama para ulama yang masih hidup.
โโโโโโโโโโโโโโโ
๐บ Bagi Anda yang berkehendak TITIP INFAQ, kami siap menampung dan menyalurkan. Kami tidak pernah meminta maupun mencari sumbangan karena kami sebenarnya tidak ingin memegang uang donasi, takut kami keliru atau luput. Namun, *34 Yatim-Piatu asuhan kami sangat butuh bantuan. Kebutuhan donasi masih kurang Rp 3.000.000,-* SALDO TITIPAN INFAQ yang masuk ke kami (Yayasan Shadaqah Jariyah Quantum Fiqih Ar-Rasyidiyyah) hingga _11 April 2022_ sebesar Rp 1.000.000,-.
๐ฅ ๐ง ๐จ ๐ถ ๐บ ๐ซ ๐ฎ (Broadcast Quantum Fiqih) sangat membutuhkan keberadaan laptop atau komputer dan smartphone untuk memproduksi KASYAF maupun TAUFIQ (Taushiyyah Fiqhiyyah) baik dalam format teks, voice maupun video.
๐บ ๐ง ๐จ ๐ถ ๐บ ๐ซ ๐ฎ (Broadcast Quantum Fiqih) telah melayani KASYAF (Konsultasi Syariah dan Fiqih) hampir 500 sesi secara gratis/free tanpa syarat, baik secara tatap muka atau jarak jauh, baik lisan maupun tertulis, baik masalah Aqidah, Tafsir, Hadits, Fiqih, Akhlaq, Keluarga, dan lain sebagainya. Sampaikan pertanyaan melalui ustadzjibril@gmail.com atau http://wa.me/6282140888638. Jangan lupa sampaikan *nama dan kota domisili*. Jika pertanyaan mengandung aib, maka identitas penanya akan dirahasiakan.