Sebaik-baik Kerjasama Adalah Terdiri 4 Pihak, Baik Dalam Bisnis, Pendidikan, Sosial, Kesehatan, Politik, Dan Lain Sebagainya



Oleh Brilly El-Rasheed, S.Pd.


عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ, قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ “خَيْرُ الصَّحَابَةِ أَرْبَعَةٌ، وَخَيْرُ السَّرَايَا أَرْبَعُمِائَةٍ، وَخَيْرُ الْجُيُوشِ أَرْبَعَةُ آلافٍ، وَلا يُغْلَبُ اثْنَا عَشَرَ أَلْفًا مِنْ قِلَّة” إسناده صحيح، وهو في الجامع الصغير ونسبه لأبي داود والترمذي والحاكم واحمد

Dari Ibnu 'Abbas berkata, bersabda Rasulullah, “sebaik-baik pertemanan (persahabatan) adalah 4, sebaik-baik sariyah adalah 400, sebaik-baik tentara adalah 4000 dan tak akan terkalahkan oleh jumlah bila 12000.”
Hadist diatas ada di kitab Musnad Ahmad 2686, Mustadrak Hakim 2489 dan 1621, Shahih Ibnu Hibban 4717, Sunan Abu Daud 2611, Shahih Ibnu Huzaimah 2538, Sunan Tirmudzi 1555, dan Sunan Ibnu Majah 2827.
Imam Ahmad dan Tirmidzi memakai lafal   “وَلا يُغْلَبُ اثْنَا عَشَرَ أَلْفًا مِنْ قِلَّة”
Sedangkan Imam Hakim, Abu Daud, Ibnu Hibban, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah menggunakan lafal “وَلَنْ يُغْلَبَ اثْنَا عَشَرَ أَلْفًا مِنْ قِلَّةَ”
Namun makna keduanya adalah sama yaitu “Tak akan terkalahkan oleh sebab jumlah bila mencapai 12000”.
Syeikh Abdul Muhsin bin Hamad, murid dari Syeikh Muhammad Syanqity menyatakan bahwa makna dari “sebaik-baik pertemanan (persahabatan) adalah empat orang” yakni pertemanan dalam perjalanan atau safar. Dan ini bukanlah pembatasan jumlah dalam safar, adapun bila hal itu lebih banyak (5,6,7…..dst) maka tidaklah mengapa.
Dan hal demikian (empat orang dalam bersafar), tidaklah berseberangan dengan hadist tentang “Jika tiga orang di dalam safar, maka hendaknya mereka mengangkat salah seorang dari mereka sebagai amir”. Bila kita cermati, maka tiga orang adalah jumlah minimal untuk safar dan layak diangkat seorang amir. Adapun bersafar dengan dua orang saja maka ini adalah minimal safar dan belum diangkatnya amir safar namun yang ada adalah buah dari imarah (keamiran) safar sebagaimana disebutkan oleh Syeikh Abu Muhammad Al-Maqdisi.
Jumlah empat orang (atau lebih ,pent) dalam safar adalah sesuatu yang sangat baik dan disukai menurut hadist ini. Sebab bila empat orang, seandainya ada perkataan yang bersifat rahasia dan ingin dibicarakan empat mata, maka dua orang bisa saling berbicara. Sedangkan dua orang lainnya bisa ngobrol di satu sisi dan hal demikian tidak bisa dilakukan bila safar dilakukan tiga orang, karena dapat menyakiti satu orang lainnya yang tidak diajak bicara. Dan mendiamkan seorang dalam pembicaraan adalah sesuatu yang dilarang karena dapat menyinggung perasaan.
Begitu juga seandainya ia ingin membagi pekerjaan yang penting dan hanya bisa dilakukan dua orang atau berlipat maka empat orang adalah solusinya, berbeda halnya bila hanya tiga orang.

Referensi: Lasdipo
Admin: Muhammad Maftuhin
Editor: Brilly El-Rasheed




Segera beli karya-karya Ustadz Brilly El-Rasheed: (1) GOLDEN MANNERS oleh penerbit Samudera yang mengupas 55 akhlaq mulia, dengan harga Rp 60.000,-; (2) MENDEKAT KEPADA ALLAH oleh penerbit Arafah yang mengupas tutorial mendekatkan diri kita kepada Allah Ta’ala dengan cepat dan tepat, dengan harga Rp 38.000,-; (3) KUTUNGGU DI TELAGA oleh penerbit Arafah yang mengupas siapa saja orang-orang yang terusir dari telaga Rasulullah, dengan harga Rp 40.000,-; (4) QUANTUM IMAN oleh Pustaka Yassir yang mengupas hal-hal yang bisa meningkatkan iman secara drastis dan langgeng, dengan harga Rp 62.000,-; (5) BENTENG UMAT ISLAM oleh Pustaka Yassir yang mengupas perkara-perkara yang menghancurkan umat Islam dan apa saja yang bisa menjadi perlindungan, dengan harga Rp 35.000,-. Hubungi kontak whatsapp +6282140888638 atau pin BBM 5259017E, dan dapatkan diskon hingga 25 %.


Related

As-Sunnah 2942107454688501615

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item