Menyusui Anak itu Enak



ASI sangat penting untuk kesehatan dan kekebalan tubuh bayi. Namun, tak hanya menguntungkan si bayi, menyusui juga bermanfaat untuk para ibu. Apa saja manfaatnya, berikut ulasannya.
- Berat badan

Menyusui mampu menurunkan berat badan setelah kehamilan. Akan ada banyak pengurangan lemak pada pinggul dan pinggang. Bentuk tubuh Anda akan seperti sedia kala sebelum kehamilan lebih cepat dengan menyusui.
- Tulang sehat

Perempuan memiliki risiko osteoporosis terutama ketika mereka berusia di atas 40 tahun. Kalsium dari tulang Anda kebanyakan akan menghilang karena penurunan kadar hormon selama menopause. Dan apabila Anda menyusui, Anda akan memiliki risiko yang sangat rendah terkena osteoporosis dan patah tulang.
- Mengurangi risiko kanker payudara

Menyusui mengurangi risiko kanker payudara hampir 25 persen. Risiko menurunnya karena durasi yang meningkat dari menyusui bayi. Apalagi jika Anda menyusui dalam jangka 6 bulan atau lebih, maka risiko terserangnya jauh lebih rendah lagi.
- Membantu menunda momongan

Kegiatan menyusui dapat menunda ovulasi. Mengapa? Itu karena menyusui bertindak sebagai kontrasepsi alami. Waktu selama Anda menyusui bayi Anda, akan menjadi periode infertilitas untuk Anda. Jadi, jika Anda tidak ingin cepat-cepat memiliki bayi lagi, solusinya adalah dengan menyusui si kecil.
- Meredakan stres

Menyusui tidak hanya baik untuk kesehatan fisik ibu tetapi juga untuk kesejahteraan emosionalnya juga. Ibu yang menyusui bayi mereka akan selalu merasa santai dan mental terasa lebih tenang. Dan Anda juga akan jarang terserang kecemasan postpartum atau kecemasan setelah melahirkan.
- Mencegah uterine dan kanker ovarium

Bila Anda menyusui bayi Anda, tingkat estrogen dalam tubuh Anda turun. Hal ini untuk mencegah risiko kanker rahim dan  ovarium. Sebab, menurut penelitian estrogen wanita telah dikaitkan dengan penyakit mematikan tersebut.
- Lebih ekonomis

Tindakan menyusui itu gratis, berbeda dengan susu formula yang membuat Anda mengeluarkan kocek lebih banyak. Lagipula, ASI itu jauh lebih sehat untuk bayi Anda ketimbang dengan susu formula.

Catatan Quantum Fiqih

Al-Mawardi, ulama pakar tata negara Islam, dalam kitabnya Nashihah al-Muluk, “Umar pernah berkata kepada istrinya yang sedang menyusui anaknya, ‘Janganlah kamu menyusui anak seperti hewan, sebab hewan hanya menyusui karena perasaan sayangnya dan instingnya saja, namun susuilah anakmu dalam rangka mencari pahala dari Allah dan agar bayi tersebut hidup sehingga nanti akan menjadi hamba yang menyembah kepada Allah dan mentauhidkan-Nya.’”
Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثُمَّ انْطَلَقَ بِي فَإِذَا بِنِسَاءٍ تَنْهَشُ ثَدْيَهُنَّ الْحَيَّاتُ, قُلْتُ: مَا بَالُ هَؤُلَاءِ؟ قِيلَ: هَؤُلَاءِ اللَّاتِي يَمْنَعْنَ أَوْلَادَهُنَّ أَلْبَانَهُنَّ


“Kemudian Malaikat itu mengajakku melanjutkan perjalanan, tiba-tiba aku melihat beberapa wanita yang payudaranya dicabik-cabik ular yang ganas. Aku bertanya: ‘Kenapa mereka?’ Malaikat itu menjawab: ‘Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar’i)’.” (HR. Ibnu Hibban dalam shahihnya 7491, Ibnu Khuzaimah 1986, dan Syaikh Muqbil rahimahullahdalam Al-Jami’ush Shahih menyatakan: “Ini hadits shahih dari Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu ‘anhu.”)



Referensi: Metrotvnews
Admin: Abu Yahya Al-Faqih
Editor: Brilly El-Rasheed



Segera beli karya-karya Ustadz Brilly El-Rasheed: (1) GOLDEN MANNERS oleh penerbit Samudera yang mengupas 55 akhlaq mulia, dengan harga Rp 60.000,-; (2) MENDEKAT KEPADA ALLAH oleh penerbit Arafah yang mengupas tutorial mendekatkan diri kita kepada Allah Ta’ala dengan cepat dan tepat, dengan harga Rp 38.000,-; (3) KUTUNGGU DI TELAGA oleh penerbit Arafah yang mengupas siapa saja orang-orang yang terusir dari telaga Rasulullah, dengan harga Rp 40.000,-; (4) QUANTUM IMAN oleh Pustaka Yassir yang mengupas hal-hal yang bisa meningkatkan iman secara drastis dan langgeng, dengan harga Rp 62.000,-; (5) BENTENG UMAT ISLAM oleh Pustaka Yassir yang mengupas perkara-perkara yang menghancurkan umat Islam dan apa saja yang bisa menjadi perlindungan, dengan harga Rp 35.000,-. Hubungi kontak whatsapp +6282140888638 atau pin BBM 5259017E, dan dapatkan diskon hingga 25 %.


Related

Life Style 3316412998695393929

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item