Inilah Filosofi Shadaqah, Jual 1 Untung 700, Bershadaqah 1 Pahalanya 700


Walaupun sudah amat sangat banyak ayat-ayat suci Al-Qur`an dan hadits-hadits Nabawi yang memaparkan keutamaan dan manfaat praktis aktifitas berbagi, masih saja ada dan akan terus ada orang-orang yang bakhil (pelit). Islam menyuguhkan matematika bisnis bagi orang-orang yang hidupnya hanya soal bisnis tapi sedikit sayang kepada hartanya untuk dishadaqahkan.

حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ أَخْبَرَنَا جَرِيرٌ عَنِ اْلأَعْمَشِ عَنْ أَبِي عَمْرٍو الشَّيْبَانِيِّ عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ اْلأَنْصَارِيِّ، قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ بِنَاقَةٍ مَخْطُومَةٍ فَقَالَ هَذِهِ فِي سَبِيلِ اللهِ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَكَ بِهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَبْعُ مِائَةِ نَاقَةٍ كُلُّهَا مَخْطُومَةٌ



Ishaq bin Ibrahim Al-Hanzhali telah memberitahukan kepada kami, Jarir telah mengabarkan kepada kami, dari Al-A’masy, dari Abu Amr Asy-Syaibani, dari Abu Mas’ud Al-Anshari, dia berkata, ‘Suatu ketika ada seorang laki-laki datang membawa onta yang telah diberi tali kekang, lalu ia mengatakan, ‘Ini (saya sedekahkan) di jalan Allah.’ Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Dengan sebab itu engkau akan mendapatkan tujuh ratus ekor onta pada hari Kiamat, semua onta itu dalam keadaan memiliki tali kekang.” (HR. Muslim dan An-Nasa`i)
Maksudnya, hal ini mengandung kemungkinan bahwa orang tersebut mendapatkan pahala dari tujuh ratus ekor onta yang ia sedekahkan.
Bisa juga dipahami bahwa orang itu benar-benar mendapatkan tujuh ratus ekor onta di surga, masing-masing onta memiliki tali kekang, ia bisa mengendarai onta-onta itu sekehendak hatinya kemana saja untuk bertamasya. Sebagaimana dalam hadits lain yang menyebutkan tentang kuda surga dan kemuliaannya. Kemungkinan kedua ini lebih kuat. Wallahu A’lam.

__________
Segera beli karya-karya Ustadz Brilly El-Rasheed: (1) GOLDEN MANNERS oleh penerbit Samudera yang mengupas 55 akhlaq mulia, dengan harga Rp 60.000,-; (2) MENDEKAT KEPADA ALLAH oleh penerbit Arafah yang mengupas tutorial mendekatkan diri kita kepada Allah Ta’ala dengan cepat dan tepat, dengan harga Rp 38.000,-; (3) KUTUNGGU DI TELAGA oleh penerbit Arafah yang mengupas siapa saja orang-orang yang terusir dari telaga Rasulullah, dengan harga Rp 40.000,-; (4) QUANTUM IMAN oleh Pustaka Yassir yang mengupas hal-hal yang bisa meningkatkan iman secara drastis dan langgeng, dengan harga Rp 62.000,-; (5) BENTENG UMAT ISLAM oleh Pustaka Yassir yang mengupas perkara-perkara yang menghancurkan umat Islam dan apa saja yang bisa menjadi perlindungan, dengan harga Rp 35.000,-. Hubungi kontak whatsapp +6282140888638 atau pin BBM 5259017E, dan dapatkan diskon hingga 25 %.

Related

As-Sunnah 5720283769374661936

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item