Janji Tuhan


Oleh KH. Nadjih Ahjad
Pemangku Ponpes Maskumambang, Gresik, Jawa Timur.


Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu (yang sebaik-baiknya)……” (QS. al-Anfal: 24)
Seruan Allah itu ditujukan kepada semua orang yang mempercayainya, yang beriman kepadanya, jadi kepada kita semua termasuk Anda dan saya. Oleh sebab itu marilah kita memahaminya lebih baik. Anggaplah dan rasakanlah bahwa seruan itu sebagai ditunjukkan kepada Anda juga, supaya cukup kemauan Anda untuk memahaminya sebaik-baiknya.
Tuhan menyeru kepada kita kepada sesuatu yang member hidup kepada kita, hidup yang sebaik-baiknya. Sebab kalau semata-mata hidup, kita toh sudah hidup. Jadi sesuatu yang member gairah hidup, yang member arti hidup, yang menjadikan hidup ini indah, menggairahkan dan memuaskan, bagaimana peristiwa yang terjadi dalam hidup ini.


Ada orang bilang, bahwa manusia hidup di dunia ini akan berbahagia manakalah kebutuhan jasmani dan rohaniya terpenuhi. Lalu mulailah orang mendaftar kebutuhan-kebutuhan itu.
Kebutuhan jasmani: makan, minum, pakaian, tempat tinggal, kebutuhan sex dan kesehatan.
Kebutuhan rohani: kasih sayang, rasa aman, harga diri, kebebasan, keberhasilan dan terpuaskan rasa ingin tahunya.
Oleh karena itu, seseorang yang ingin bahagia dalam hidup ini, maka harus mampu menciptakan situasi dan kondisi yang memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan di atas.
Maka cobalah Anda bertanya kepada setiap orang, pernakah dalam hidupnya di dunia ini tercipta olehnya situasi dan kondisi di mana dapat terpenuhi semua kebutuhan-kebutuhan di atas secara terus menerus? Jawabannya sudah jelas: tidak pernah. Situasi dan kondisi selalu berubah-ubah, peristiwa-peristiwa silih berganti. Hidup setiap orangseperti roda pedati ---kata orang--- selalu berputar dan bergulir.
Oleh sebab itu, seseorang yang menghendaki sukses yang membahagiakan bukan terutama berusaha menciptakan kondisi-kondisi tertentu di laur dirinya, tapi yang terutama dan utama menciptakan kondisi rohaninya yang dapat membuatnya selalu sukses dan berbahagia dalam kondisi dan situsai bagaimanapun. Dengan meyakini dan mengikuti ajaran-ajaran Tuhan, Anda dapat menciptakan kondisi rohani yang Anda perlukan itu, dan dengan demikian Anda akan menemukan hidup yang sukses dan bahagia, atau hidup yang sebaik-baiknya.

Itulah janji Tuhan. Hidup yang sebaik-baiknya itulah yang dijanjikan oleh Tuhan kepada kita manakala kita mengikuti seruannya, yaitu seruan kepada sesuatu (agama) yang dibawa oleh Rasulnya. Dan apakah Anda mengira bahwa Tuhan akan ingkar janji? Tidak. Saya kira tidak seorang pun di antara kita yang mempunyai pemikiran demikian. Kita boleh tidak mempercayai semua orang, mencurigai semua orang dan meragukan janji setiap orang. Tapi terhadap jajni Tuhan? Tidak patut seorang pun meragukannya, bukan?



Related

Aqidah 3048490148759652359

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item