Cara Jalan Pun Bisa Pengaruhi Mood



Bila Anda menemui masa kesulitan mendapatkan mood yang menyenangkan, cobalah ubah cara berjalan kaki. Sebab, menurut para peneliti, cara seseorang berjalan kaki bisa memengaruhi mood-nya. Berjalan kaki dengan cara tertentu bisa mendorong mood.
"Sejak lama diketahui, mood memengaruhi postur tubuh seseorang. Orang yang sedih cenderung membungkukkan pundaknya, sementara orang yang sedang merasa senang cenderung berjalan dengan gaya sedikit melambung atau melompat kecil dengan pundak tegak. Terkini, peneliti mendapati, ternyata hal ini juga berlaku kebalikannya. Mengimitasi cara orang bahagia dan sedih berjalan juga akan memengaruhi mood untuk merasa senang," demikian hasil penelitian Canadian Institute for Advanced Research, dikutip dari Daily Mail, Jumat (17/10).

Orang yang cara jalannya mirip cara jalan orang dengan masalah depresi, yakni dengan lengan yang nyaris tak bergerak dan punggung membungkuk, cenderung mengalami mood yang tak menyenangkan.
Studi ini, menurut penulisnya, Profesor Nikolaus Troje, menunjukkan, cara bergerak orang dengan masalah depresi berbeda dari cara bergerak orang yang sedang bahagia.
"Adalah hal yang tidak mengejutkan bahwa mood seseorang dan apa yang dirasanya memengaruhi cara seseorang berjalan. Namun, kami ingin melihat apakah cara jalan seseorang juga memengaruhi mood," jelas Troje.
Untuk meneliti hal ini, Troje dan rekan-rekannya menunjukkan daftar kata-kata bernada negatif dan positif pada responden, misalnya, "cantik", "takut", dan "gugup". Para responden itu kemudian diminta berjalan di atas treadmill sambil diukur pergerakan dan posturnya.
Hasil para peneliti mengungkap, pasien depresi klinis cenderung mengingat hal-hal negatif, terutama tentang diri sendiri. Mengingat hal-hal buruk kemudian membuat mood makin runyam.
Beberapa studi mengungkap kaitan antara jalan menunduk dengan mood seseorang. Diketahui, postur tubuh yang buruk bisa mengakibatkan depresi, marah, bahkan membunuh libido. Orang-orang yang cenderung membungkuk juga lebih sering menggunakan kata-kata negatif, menjadi orang yang lebih perhatian kepada diri sendiri, dan memikirkan diri sendiri.

Catatan Quantum Fiqih
Sahabat Anas Radhiyallahu anhu, menceritakan,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ رَبْعَةً لَيْسَ بِالطَّوِيلِ وَلَا بِالْقَصِيرِ حَسَنَ الْجِسْمِ أَسْمَرَ اللَّوْنِ وَكَانَ شَعْرُهُ لَيْسَ بِجَعْدٍ وَلَا سَبْطٍ إِذَا مَشَى يَتَوَكَّأُ
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam orangnya berpostur sedang, tidak tinggi ataupun pendek, fisiknya bagus. Warna (kulitnya) kecoklatan. Rambutnya tidak keriting, juga tidak lurus. Apabila berjalan, beliau berjalan dengan tegak. [Hadits shahîh, Mukhtashar asy-Syamâil no. 2].
Sahabat 'Ali bin Abi Thâlib Radhiyallahu anhu, juga memberikan gambaran tidak berbeda. Kata Sahabat 'Ali Radhiyallahu anhu,


لَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ بِالطَّوِيلِ وَلَا بِالْقَصِيرِ ... إِذَا مَشَى تَكَفَّأَ تَكَفُّؤًا كَأَنَّمَا انْحَطَّ مِنْ صَبَبٍ لَمْ أَرَ قَبْلَهُ وَلَا بَعْدَهُ
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , orangnya tidak tinggi juga tidak pendek (sekali). Jika melangkah, beliau berjalan dengan tegak layaknya orang yang sedang menapaki jalan menurun. Aku belum pernah melihat orang seperti beliau sebelum atau setelahnya. [Hadits shahîh, Mukhtashar asy-Syamâil no. 4].
Nampaknya, teladan Rasulullah belasan ribu tahun lalu benar-benar ekstraordinary. Dan sekarang kita sudah tahu, bahwa meneladani Rasul, salah satunya dalam masalah berjalan, adalah pilihan terbaik.

Editor: Abu Yahya
Referensi: Beritasatu.com

















Tags: Ormas Islam Induk di Indonesia, Jami’ah Khairiyah, Al-Irsyad Al-Islamiyah, Masyumi, Syarikat Islam Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persatuan Islam PERSIS, Nahdlatul Wathan, Pelajar Islam Indonesia PII, Lembaga Dakwah Islam Indonesia LDII, Jam’iyah Al-Washliyah, Rabithah ‘Alawiyah, Front Pembela Islam FPI, Hizbut Tahrir Indonesia HTI, Mathla’ul Anwar MA, Jam’iyah Al-Ittihadiyah, Hidayatullah, Al-Wahdah Al-Islamiyah, Majelis Tafsir Al-Quran MTA, Harakah Sunniyah Untuk Masyarakat Islami HASMI, Persatuan Tarbiyah Islamiyah PERTI, Persatuan Ummat Islam PUI,  Shiddiqiyah, Wahidiyah. 

Related

Life Style 5807913181411274448

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item