Konsultasi Syariah Aturan Zakat Fithri



#⃣ #broadcastquantumfiqih
No.: KS/3/III/QUFI
Topik: 1⃣ _Konsultasi Syariah_
Rubrik: _quantumfiqihibadah_
​​​​​​
Konsultasi Syariah *138 - Aturan Zakat Fithri*
_Pertanyaan_
 Mas brily mau nanya aturan yg baik zakat fitra itu bgmana ....suwun mas !
 Ditanyakan oleh Bapak *Arif* (+6282333599347) pada _14 Januari 2018_ via *Whatsapp*
_Jawaban_
聾 Wah Pak Arif, Ramadhan masih lama tapi sudah nanya soal aturan zakat fithri. Bagaimana Pak Arif perkembangan bisnis dan pesantrennya? Semoga semakin maju dan berkembang. Mohon maaf baru sempat menjawab, karena beberapa bulan ini sibuk mengurus jamaah umrah.
 Zakat fithri menurut kajian madzhab Malikiyyah dan satu riwayat dalam madzhab Hanabilah hanya untuk faqir miskin, menurut madzhab Syafi’iyyah, Hanafiyyah dan Hanabilah untuk kedelapan ashnaf mustahiq zakat. Zakat fithri tidak boleh diberikan muzakki kepada mustahiq yang nafaqahnya menjadi tanggung jawabnya.
 Zakat fithri boleh disalurkan langsung oleh masing2 muzakki kepada mustahiq dengan salah satu kategori mustahiq, boleh pula dititipkan ke amil zakat yang memang ditunjuk oleh Pemerintah. Amil zakat wajib meratakan pembagian zakat kepada kedelapan ashnaf mustahiq zakat.
⚠ Zakat fithri tidak boleh diberikan kepada anak yatim, janda, guru ngaji, pesantren ataupun masjid. Menurut madzhab Hanafiyyah, zakat fithri boleh dibayarkan dengan uang senilai bahan makanan pokok takaran zakat fithri yaitu sebanyak 1 sha’. Sedangkan madzhab Syafi’iyyah berpandangan tidak boleh zakat kecuali dengan makanan pokok setempat.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رضى الله عنهما أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ ، عَلَى كُلِّ حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ ، ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى ، مِنَ الْمُسْلِمِينَ (رواه البخارى ومسلم)
Diriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah mewajibkan zakat fitri sebesar satu sha’ kurma kering atau satu sha’ gandum, atas setiap orang merdeka atau budak, laki-laki atau perempuan dari umat Islam. *[Shahih Al-Bukhari; Shahih Muslim]*
 Sha’ merupakan satuan ukuran takaran pada zaman Rasululullah. Zaman now, kita lebih mengenal ukuran timbangan dari pada takaran, lalu berapa satu sha’ itu? Satu sha’ menurut mayoritas ulama’ di Hijaz dan Iraq = 5 rithl lebih 1/3, dan menurut Al-Imam Abu Hanifah dan muridnya Muhammad bin Al-Hasan = 8 rithl. Dari perbedaan ini, maka muncul beberapa pendapat mengenahi ukuran satu sha’ jika diukur dengan timbangan yaitu ada 2,719,19 Kg atau 2,5 Kg atau 3,5 liter.
✅ Kalau berzakat fihtri lebih dari 2,5 Kg, misalnya satu muzakki mengeluarkan 5 Kg, ma fi musykilah, bahkan bisa mendapatkan tsawab shadaqah makanan.
 Menurut madzhab Syafi’iyyah, zakat fithri boleh dikeluarkan sejak 1 Ramadhan, namun yang afdhal dikeluarkan sebelum shalat hari raya Idul Fithri.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ فَهِىَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فَهِىَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ. (رواه ابوداود وابن ماجه والدارقطني)
Diriwayatkan dari Ibn Abbas, ia berkata bahwa Rasulullah mewajibkan zakat fithri, sebagai penyuci bagi seorang yang berpuasa dari sesuatu yang tiada berguna dan pembicaraan kotor, dan sebagai makanan buat orang-orang miskin. Barang siapa menunaikannya sebelum shalat (‘idul fithri), maka ia adalah zakat yang diterima dan barang siapa yang menunaikannya sesudah shalat (‘idul fithri), maka ia adalah suatu shadaqah dari beberapa shadaqah. *[Sunan Abu Dawud; Sunan Ibnu Majah dan Sunan Ad-Daraquthni]*
 Zakat fithri boleh ditunaikan tidak di tempat dimana muzakki berada pada malam hari raya Idul Fithri, jika memang di tempat tersebut tidak ada mustahiq. Inilah kesimpulan yang dipilih oleh madzhab Hanafiyyah dan mayoritas Ash-hab Al-Imam Asy-Syafi’i. Namun yang masyhur dalam madzhab Syafi’iyyah dan madzhab Hanafiyyah, adalah terlarang hal tersebut. Orang yang lupa mengeluarkan zakat fithri, tidak termasuk bermaksiat, karena ada udzur berupa lupa, namun wajib mengqadha ketika ingat, demikian penjelasan Al-Imam Ibnu Hajar dalam At-Tuhfah.
 Bagi muzakki disunnahkan membaca doa.
لِخَبَرِ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ { إذَا أَعْطَيْتُمْ الزَّكَاةَ فَلَا تَنْسَوْا ثَوَابَهَا أَنْ تَقُوْلُوْا : اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا مَغْنَمًا وَلَا تَجْعَلْهَا مَغْرَمًا } رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ
Berdasarkan hadits dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda, “Jika kalian mengeluarkan zakat, jangan lupakan tsawabnya dengan membaca, _“Wahai Allah, jadikan sebagai keuntungan, dan jangan jadikan sebagai kerugian.”_ *[Sunan Ibnu Majah]*
 Bagi mustahiq maupun amil disunnahkan mendoakan muzakki.
وَالْأَوْلَى أَنْ يَقُولَ ) مَا اسْتَحَبَّهُ الشَّافِعِيُّ ( آجَرَك اللَّهُ فِيمَا أَعْطَيْت وَجَعَلَهُ لَك طَهُورًا وَبَارَكَ لَك فِيمَا أَبْقَيْت )
“Lebih utama membaca doa yang disukai oleh Ass-Syafi’i, “Semoga Allah mengganjar atas apa yang engkau berikan, menjadikannya sebagai penyuci untukmu dan memberkahi hartamu yang tersisa.” *[Asna Al-Mathalib Syarh Raudh Ath-Thalib, 4/494]*
 Begitu Pak Arif, penjelasan super singkat saya. Ini kebetulan saya lagi di bandara Prince Muhammad, Madinah. Tentu akan mengundang banyak pertanyaan lanjutan, sebab pembahasan tentang zakat fithri harusnya tidak sesingkat ini. Tapi inilah yang saya ketahui dan pelajari, dengan segala kekurangan daya nalar saya.
 Jangan lupa dishare ya Pak, jawaban saya ini, ke amil-amil zakat. Siapa tahu bermanfaat.
 Dijawab oleh Abinya Abizard *H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.* bin H. Yulianto
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
 Insyaallah 19 April 2018, ​​​​​ akan mengadakan acara *SANTUNAN YATIM* untuk 30 anak yatim di Aula SBY, Sukodadi, Lamongan, Jawa Timur. Sampai 3 Maret 2018 sudah terkumpul dana _Rp 1.472.000,-_ (satu juta empat ratus tujuh puluh dua ribu rupiah). Hubungi *+6285735908108*.
 28 Februari 2018 ​​​​​​ membeli kartu perdana internet Smartfren Rp 55.000,-.
 Alhamdulillah per tanggal _1 Februari 2018_, jumlah pelanggan ​​​​​​ sejumlah 3⃣9⃣6⃣ orang, dan 1⃣0⃣0⃣ grup Whatsapp dengan jumlah anggota rata-rata 1⃣8⃣0⃣. Sehingga satu  broadcast kami diterima kurang dari 2⃣0⃣0⃣0⃣0⃣ orang. Alhamdulillah.
 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via surel *ustadzjibril@gmail.com* dengan menyebutkan nama dan kota asal.
 Daftarkan diri mendapatkan broadcast whatsapp QUANTUMFIQIH di *+6285735908108* dengan menyebutkan nama dan kota asal.
 Jual *Madu Hutan Klanceng Mauni dan Multiflora* dari hutan alami Bojonegoro, Jawa Timur, kemasan botol kaca 650 ml hanya _Rp 125.000,-._ Hubungi *+6282140888638*
 Cari penginapan (indekost) di dekat Kampus UNISDA (Universitas Darul Ulum Lamongan) hubungi *+6281232170541*
 *SBY CULLINARY COURSE* siap memberikan pelatihan keterampilan bisnis aneka kuliner. Sudah hampir 100 pelatihan diselenggarakan bekerjasama dengan kantor-kantor dinas pemerintahan. Hubungi *+6281232170541*


Related

Fiqih 3250164888250806264

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item