Menyelimuti Cahaya Kabut





MAQALAH 23112013

+++
Tadi sore dapet saran dari salah satu rekan kerja, "Ente sewa dah rumah. Jadikan sebagai kantormu. Beli komputer. Rekrut karyawan sebagai designer, editor, administrasi, dll. Kan udah zen kalo kayak gitu. Terus didaftarin hak paten usaha ente." Ane jawab, "Pengennya sih gitu bang. Uangnya?" "Pinjem dulu!" Tuing tuing tuing.

+++

Pintu rizqi yang satu terbuka, pintu rizqi yang lain tertutup.
Disyukuri aja deh.
Ngga akan mati kok kita, kecuali jatah rizqi kita sudah habis. Kalau emang kita ditaqdirkan Allah masih hidup untuk menjalani hari esok, pasti Allah sudah nyiapin rizqi buat kita.
Yang penting bisa nabung.

+++
Kayaknya, kekayaan itu ngga perlu disebut-sebutin, ngga perlu diceritain, apalagi dipamer-pamerin. Alloh mudah kok ngambil kekayaan, Kemarin dapet kabar, ada showroom mobil kebakar, di Surabaya, semua mobil ludes nyes.

+++
Dalam kitab tafsir Asy-Sya'rowi disebutkan bahwa nenek moyang bahasa di seluruh dunia adalah bahasa Arab, bahasa paling tua adalah bahasa Arab. Asy-Sya’rawi (w. 1418 H) berkata, “Jika kita runtut silsilah bahasa, maka kita akan menemukan muaranya pada nenek moyang kita Adam. Allah-lah yang telah mengajari bahasa kepadanya, yaitu ketika Dia mengajarinya semua nama-nama. Kemudian nama-nama ini digunakan oleh Adam dan keturunannya sepeninggalnya sehingga mereka saling mengerti.” Dan bahasa yang dipakai Nabi Adam adalah bahasa Arab, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur`an.

+++
Kita kudu terus-menerus sadar betul kalo hidup ibarat perjalanan. Kita akan selalu waspada, jangan-jangan kita celaka di jalan. Kita akan terus hati-hati kalau-kalau tersesat. Kita bakal senantiasa takut tidak bisa sampai di tempat tujuan dengan nyaman. Begitulah kiranya seharusnya kita menjalani hidup ini.

+++
Hidup harus terencana, sesederhana apapun rencana kita, biar ngga cuma ngalir aja. Tapi jangan terlalu tegang dengan rencana dan kecewa berat kalau rencana tidak terlaksana. Karena Allah Ta'ala lebih berkuasa. Wal tanzhur nafsun maa qoddamat lighodd.

+++
Kata ibu, pelayanan kepada pelanggan itu harus cepat dan bagus. Kata ibu juga, bisnis itu ngga harus langsung sempurna, sempurna itu butuh proses, selama perjalanan bisnis, kurang ini kurang itu, ditambal sedikit demi sedikit.

+++

Diantara penyebab ketergelinciran manusia, menurut Brilly Elrasheed adalah:
Ketersesatan manusia sesungguhnya adalah karena ketertipuannya terhadap apa itu kebenaran dan apa itu kesalahan. Benar memang baik, salah memang buruk, akan tetapi standar benar dan salah itu sendiri berbeda-beda. Oleh karenanya manusia sering salah menetapkan standar kebenaran dan kesalahan, sehingga sebenarnya yang dilakukan adalah keburukan tapi merasa melakukan kebaikan. Ketertipuan ini terwujud melalui beberapa fase.
Pertama, memandang keburukan sebagai kebaikan karena syaithan telah menghiasi keburukan tersebut sehingga manusia memandangnya seperti sebagai kebaikan. [QS. Al-Hijr: 39]
Kedua, menamakan keburukan dengan nama-nama yang disukai. [QS. Thaha: 20]
Ketiga, menamakan kebaikan dengan nama-nama yang tidak disukai. [QS. Al-A’raf: 66, 90, Thaha: 63, Al-Furqan: 8]
Keempat, menasehatkan diri untuk berbuat maksiat dengan dalih memancing ketaatan. [QS Al-A’raf: 21, 27]

+++

Kata Prof. Dr. KH. Ahmad Faishol Haq saat memberi taklim di Masjid Agung Al-akbar Surabaya, berdasarkan hadits keutamaan shaum yaum 'asyura, hukum sunnah dalam fiqh adalah sesuatu yang bila dikerjakan mendapat pahala, bila tidak dikerjakan tidak berdosa tapi rugi. Coba saja meninggalkan shaum 'asyura, kan ga dapet ampunan dosa setahun sebelumnya. 
Barangkali ini ijtihad beliau pribadi, karena beliau tidak menyebutkan maraji' statement beliau.

+++
Kata Prof. Dr. KH. Ahmad Zahro, MA, "Banyak fuqaha kontemporer yang menetapkan bahwa perceraian itu baru jatuh kalau ada dua orang saksi. Pendapat ini bersumber dari salah seorang shahabat." Monggo dibahas!
مادام هذا الرأي له دليل فلا يجوز إنكاره، لعل أصحاب هذا القول يعتمدون على ظاهر قول الله تعالى :(فإذا بلغن أجلهن فأمسكوهن بمعروف أو فارقوهن بمعروف وأشهدوا ذوي عدل منكم) (الطلاق : 2)، لأن الأمر في الأصل يدل على الوجوب. وما رواه أبو داود في سننه (2188) : (عن مطرف بن عبد الله أن عمران بن حصين سئل عن الرجل يطلق امرأته ثم يقع بها ولم يشهد على طلاقها ولا على رجعتها فقال طلقت لغير سنة. وراجعت لغير سنة أشهد على طلاقها وعلى رجعتها ولا تعد).

+++
Habis dari kantor cabang salah satu jasa pengiriman internasional. Ngakunya care. Care apaan? Masak, bayangin aja, nunggu ngantri sampe dua jam, didiemin, ga ditanyai apa keperluannya, belagu semua pegawainya, pada sok sibuk. Kapok, ga bakal ke sana lagi, insya Allah. Tinggal pergi aja wes.
Astaghfirullah, dipikir2 lagi kenapa tadi kecewa dan marah2 sama pelayanan kantor XXXXX. Ini gara-gara terlalu berharap kepada makhluq. Mestinya berharap ke Allah, agar Allah menggerakkan mereka menjadi cepat dan bagus pelayanannya. Ampuni hamba ya Rabb, semoga tidak terulang lagi.

+++
Kata Ustadz Yusuf Mansur (Official) sewaktu tabligh di Alun-alun Kabupaten Lamongan, "Uang 10.000 ntu udah kebanyakan buat orang yang tuhannya Allah. Jajal dah pergi ke pasar, beli daging, beli sayur, beli ikan, beli cabe, beli sepatu, kagak usah bawa duit." Hadirin pada tertawa. "Ye, ente dibilangin malah ketawa. Ente tuhannya duit sih. Tuhan itu cuma Allah. Emang bener kata Rosul, akan ada suatu zaman, orang yang mengamalkan ajaran agama Islam malah diketawain."

+++
Alhamdulillah di rumah punya koleksi buku sampe 400an. Gara-gara itu, keponakan, sepupu, kerabat dan keluarga besar yang sering main ke rumah, jadi hobi baca. Alhamdulillah, bisa menularkan tradisi yang baik. Sepupu yang masih kecil sering main ke rumah sama temen-temennya, baca buku-buku Islam di ruang superminimicrolibrary tersebut.

+++
Di zaman Islam sudah semakin populer gini, ternyata masih banyak dan sangat banyak yang hobi minum-minum khamr, bahkan anak muda. Kemarin malam, sewaktu beli nasi goreng deket UNISDA, kaget banget denger anak-anak muda ngatur rencana buat cangkru'an dan minum-minum toak, salah satu jenis khamr lokal yang paling populer di masyarakat Lamongan. Di zaman Islam sudah semakin populer gini, ternyata masih banyak dan sangat banyak yang hobi minum-minum khamr, bahkan anak muda. Kemarin malam, sewaktu beli nasi goreng deket UNISDA, kaget banget denger anak-anak muda ngatur rencana buat cangkru'an dan minum-minum toak, salah satu jenis khamr lokal yang paling populer di masyarakat Lamongan.

+++
Sekali lagi, jangan pernah mudah memutuskan sesat, kafir, bid'ah, haram. Syariat memang sudah sempurna. Tapi seringkali wawasan dan pemahaman kita terhadap syariat belum utuh. Gimana mau utuh, sehari aja belon tentu habis satu halaman kitab tafsir ataupun hadits apalagi fiqh? Lebih dari itu, kalau kita ketemu orang yang sehari-harinya biasa tidak berakhlaq karimah, jangan langsung dijauhi. Dekati! Akhlaq karimah itu luas, mencakup dimensi aqidah, ibadah dan mu'amalah.

+++
Kalau Anda ketemu orang yang kelihatannya ngga pernah make peci, jarang pake sarung, males pake baju taqwa, tapi dia 'alim/faqih, jangan langsung menuduh dia sebagai orang yang munafiq. Bisa jadi dia itu sedang dakwah. Metode dakwah itu luas. Make baju khas orang 'alim/faqih itu bukan kewajiban, tapi soal adab kepada Allah Ta'ala. Nah, makanya beberapa 'alim/faqih di Indonesia kerap kita temui rambutnya nggimbal gondrong dan sering terlihat asyik cangkru'an ngopi di tempat-tempat yang bukan lazimnya menjadi majelisnya orang-orang 'alim. Kalau Anda ketemu orang yang kelihatannya ngga pernah make peci, jarang pake sarung, males pake baju taqwa, tapi dia 'alim/faqih, jangan langsung menuduh dia sebagai orang yang munafiq. Bisa jadi dia itu sedang dakwah. Metode dakwah itu luas. Make baju khas orang 'alim/faqih itu bukan kewajiban, tapi soal adab kepada Allah Ta'ala. Nah, makanya beberapa 'alim/faqih di Indonesia kerap kita temui rambutnya nggimbal gondrong dan sering terlihat asyik cangkru'an ngopi di tempat-tempat yang bukan lazimnya menjadi majelisnya orang-orang 'alim.

+++
Mau ngga mau, setuju ngga setuju, percaya ngga percaya, sebenernya mayoritas bahasa Indonesia dan bahasa Jawa itu aslinya bahasa Arab. Ada ratusan ribu kosa kata bahasa Arab yang sudah mengindonesia atau menjawa.

+++

Enak ya kelihatannya orang-orang konglomerat yang tiap hari bangun apartement, bangun regency, bangun kota mandiri, bangun residence, dll. Tapi kata ummiy, "Menurut orang lain, enakan sampean." 
Betul juga, kata KH. Ma'ruf Islamuddin, hidup itu mek sawang sinawang.

+++               
Ngapain males minta-minta ke Allah? Allah itu Mahakaya, sob. Allah itu malah seneng kalau kita minta-minta ke Dia. Kita minta-minta ke Allah tuch bukan buat maksa atau sekedar ngasih tahu ke Allah. Allah tuh Mahatahu, bos.

+++

Ada yang kaya, ada yang miskin. Ada yang sukses, ada yang gagal. Itu udah taqdir. Yang penting mah kita usaha, doa, tawakkal.


+++
Allah Ta’ala berfirman,
وَاللَّهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ فِي الرِّزْقِ
“Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebagian yang lain dalam hal rezki.” (QS. An Nahl: 71) 
Jadi kagak usah ngiri sama orang yang dikaruniai Allah rizqi harta lebih banyak!

+++

Kalo ente ngerasa rizqi seret mulu, syukur aja deh! Soalnya bisa jadi kalo kita banyak duit, kita jadi urakan, ugal-ugalan, ngawur.
وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ
“Dan jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.” (QS. Asy Syuraa: 27)

+++                

Dulu, sekitar 7 tahun yang lalu, sewaktu awal-awal mulai konsen baca buku-buku Islami, sangat males baca buku yang ada tulisan Arabnya entah itu ayat ataupun hadits, apalagi syarah para ulama. SEKARANG,,, semenjak 2 tahun yang lalu, terbalik 180 darojaat. Ngga plong, ngga yakin dan ngga puas, kalo ngga baca langsung dari kitab-kitab turots (berbahasa 'Arab). Alhamdulillah! 


+++
Bukan pamer, tapi ini inspirasi buat rekan-rekan yang mulai tertarik mendalami Islam, ngga apa-apa sekarang baca aja buku-buku Islam semampunya. Ntar pasti akan ada saatnya Anda ngerasa kurang manteb kalo ngga baca dari kitab turots. Dan ingat! Baca kitab turots itu harus dengan bimbingan ulama, takutnya kita salah memaknai. Sebagaimana kita baca buku diktat kuliah, butuh penjelasan dosen, takutnya salah paham.

+++
Hidup ini memang pilihan. Pilihan untuk menjadi orang baik atau menjadi orang tidak baik. Hidup ini memang kebebasan. Bebas untuk meniti jalan dan kebiasaannya orang-orang baik atau meniti jalan dan kebiasaannya orang-orang tidak baik. Tapi kebebasan memilih dalam kehidupan ini adalah kebebasan yang beresiko. Resiko baik atau resiko buruk. Maka aneh kalau ada orang yang lebih suka bersenang-senang, berfoya-foya, ugal-ugalan, urakan, dll. Kedamaian adalah pada ketenangan qalbu dan stabilitas perilaku.



__________
Segera beli karya-karya Ustadz Brilly El-Rasheed: (1) GOLDEN MANNERS oleh penerbit Samudera yang mengupas 55 akhlaq mulia, dengan harga Rp 60.000,-; (2) MENDEKAT KEPADA ALLAH oleh penerbit Arafah yang mengupas tutorial mendekatkan diri kita kepada Allah Ta’ala dengan cepat dan tepat, dengan harga Rp 38.000,-; (3) KUTUNGGU DI TELAGA oleh penerbit Arafah yang mengupas siapa saja orang-orang yang terusir dari telaga Rasulullah, dengan harga Rp 40.000,-; (4) QUANTUM IMAN oleh Pustaka Yassir yang mengupas hal-hal yang bisa meningkatkan iman secara drastis dan langgeng, dengan harga Rp 62.000,-; (5) BENTENG UMAT ISLAM oleh Pustaka Yassir yang mengupas perkara-perkara yang menghancurkan umat Islam dan apa saja yang bisa menjadi perlindungan, dengan harga Rp 35.000,-. Hubungi kontak whatsapp +6282140888638 atau pin BBM 5259017E, dan dapatkan diskon hingga 25 %.

Related

Akhlaq 1294340242565075088

Posting Komentar

emo-but-icon

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif

Quran Kreatif-Inovatif-Inventif
Juga Menerima Custom 0821-4088-8638

Recommended

Benefits of Hijrah | Tadabbur Tafakkur Tafaqquh Tafahhum QS. An-Nisa': 22 | UBER (Ustadz H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.) |Kuliah Whatsapp Kajian Online

KULWA (Kuliah Whatsapp) KAJOL (Kajian Online) Grup Whatsapp Mutiara Dakwah Rabu, 26 Februari 2020 Benefits of Hijrah (Tadabbur Q...

Cari Blog Ini

Hot in week


Desain Majalah Islami

Desain Majalah Islami
Desain Majalah Islami

Toko Buku Brilly

Toko Buku Brilly
Toko Buku Brilly

Total Tayangan Halaman

item