Konsultasi Syariah Sujud Sahwi Kok Beda2 Penjelasan Ulama

No.: KS/8/VII/QUFI
Topik: 1⃣ _Konsultasi Syariah_
Rubrik: _quantumfiqihibadah_
Tata cara sujud sahwi itu bagaimana ya ustad mohon penjelasanyaa ustd. doanya ketika sujud itu ap ya ustad apakah sm seperti biasanya ketika kta sujud. Dan Apakah ada dalilnya mengusap wajah setelah shalat dan berdoa mohon penjelasannya ustad.
Makasih Dik Fadlil atas pertanyaannya. Saya pribadi kadang2 melakukan sujud sahwi karena kelupaan. Kata ustadz2 ahli ruqyah, kalau terlampau sering lupa saat shalat, itu indikasi kuat ada jin syaithani di dalam tubuh.
فَلَمَّا أَتَمَّ صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فَكَبَّرَ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ
“Setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud sahwi ini sebelum salam.” *[Shahih Al-Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570]*
فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَسَلَّمَ ثُمَّ كَبَّرَ ثُمَّ سَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ فَرَفَعَ ثُمَّ كَبَّرَ وَسَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ وَرَفَعَ
“Lalu beliau shalat dua rakaat lagi (yang tertinggal), kemudia beliau salam. Sesudah itu beliau bertakbir, lalu bersujud. Kemudian bertakbir lagi, lalu beliau bangkit. Kemudian bertakbir kembali, lalu beliau sujud kedua kalinya. Sesudah itu bertakbir, lalu beliau bangkit.” *[Shahih Al-Bukhari no. 1229 dan Muslim no. 573]*
فَصَلَّى رَكْعَةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ.
“Kemudian beliau pun shalat satu rakaat (menambah raka’at yang kurang tadi). Lalu beliau salam. Setelah itu beliau melakukan sujud sahwi dengan dua kali sujud. Kemudian beliau salam lagi.” *[Shahih Muslim no. 574]*
ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﺰﻳﻦ ﻓﻲ ﺇﺭﺷﺎﺩ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﺋﻴﻦ 81
ﻟﻜﻦ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻣﻘﺘﻀﻰ ﺍﻟﺴﺠﻮﺩ ﻭﻗﻊ ﺳﻬﻮﺍ ﻓﺎﻷﻟﻴﻖ ﺑﺎﻟﺤﺎﻝ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﺳﺠﻮﺩﻩ ﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﻳﻨﺎﻡ ﻭﻻ ﻳﺴﻬﻮ ﺃﻭ ﻳﻘﻮﻝ ﺳﺒﺤﺎﻥ ﻣﻦ ﻻ ﻳﻨﺎﻡ ﻭﻻ ﻳﻐﻔﻞ ﻭﺇﺫﺍ ﻭﻗﻊ ﻋﻤﺪﺍ ﻓﺎﻷﻟﻴﻖ ﺍﻻﺳﺘﻐﻔﺎﺭ. ﻗﺎﻝ ﺍﻷﺫﺭﻋﻲ ﻭﺫﻛﺮ ﺍﻟﺠﻠﻮﺱ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﻛﺬﻛﺮ ﺍﻟﺠﻠﻮﺱ ﺑﻴﻦ ﺳﺠﺪﺗﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ
“Bila hal yang menuntut dilakukannya sujud terjadi karena kelalaian maka yang lebih pantas dibaca dalam sujud adalah SUBHANALLADZI LA YANAMU WA LA YASHU atau membaca SUBHANA MAN LA YANAMU WA LA YAGHFALU. Dan apabila hal itu terjadi karena unsur kesengajaan maka yg lebih pantas adalah membaca ISTIGHFAR. Al-Imam Al-Adzra'i berkata, Dan dzikir yg dibaca ketika duduk diantara dua sujud sahwi itu sebagaimana bacaan dzikir yang dibaca ketika duduk di antara dua sujud shalat, (yakni Rabbighfirli warhamni...dst. -pen).” *[Nihayah Az-Zain hal. 81]*
قَوْلُهُ : سَمِعْت بَعْضَ الْأَئِمَّةِ يَحْكِي أَنَّهُ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَقُولَ فِيهِمَا : سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو – أَيْ فِي سَجْدَتَيْ السَّهْوِ – قُلْت : لَمْ أَجِدْ لَهُ أَصْلًا .
“Perkataan beliau, “Aku telah mendengar sebagian ulama yang menceritakan tentang dianjurkannya bacaan, “Subhaana man laa yanaamu wa laa yas-huw” ketika sujud sahwi (pada kedua sujudnya), maka aku katakan, “Aku tidak mendapatkan asalnya sama sekali. ” *[At-Talkhis Al-Habir, 2/6]* Tapi Ibnu Hajar tidak memvonisnya sebagai bid’ah. Beliau hanya menyatakan, “Saya belum ketemu dalilnya.” _Beginilah tawadhu’nya ulama. Tidak buru2 membid’ahkan._
وكيفيتهما كسجود الصلاة في واجباته ومندوباته ، كوضع الجبهة والطمأنينة . . . ويأتي بذكر سجود الصلاة فيهما
“Cara sujud sahwi persis seperti sujud dalam shalat, terkait ketentuan2 yang wajib dan yang anjuran seperti meletakkan dahi, dan thuma’ninah… dan dzikir yang dibaca pada kedua sujud tersebut adalah seperti dzikir sujud dalam shalat.” Al-Imam An-Nawawi dalam Al-Majmu 4/72 mengatakan hal yang sama persis. Al-Imam Al-Qasthalani dalam Irsyad As-Sari 2/365 juga.
Dari Saib bin Yazid dari ayahnya, “Apabila Rasulullah berdoa, beliau beliau selallu mengangkat kedua tangannya, lalu mengusap wajahnya dengan kedua tangannya." *[Sunan Abu Dawud, 1275]*
وَعَنْ عُمَرَ – رضي الله عنه – قَالَ: – كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا مَدَّ يَدَيْهِ فِي اَلدُّعَاءِ, لَمْ يَرُدَّهُمَا, حَتَّى يَمْسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ – أَخْرَجَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ
Dari ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membentangkan tangannya ketika berdo’a, beliau tidak menurunkannya sampai beliau mengusap kedua tangan tersebut ke wajahnya. Hadits ini dikeluarkan oleh At Tirmidzi. Ibnu Hajar mengatakan bahwa hadits ini memiliki penguat, yaitu dari hadits Ibnu ‘Abbas yang dikeluarkan oleh Abu Dawud. Yang keseluruhan jalannya menunjukkan bahwa hadits tersebut hasan.
*H. BRILLY EL-RASHEED, S.PD.*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Follow Instagram *@PejuangShalatSunnah*